31 Januari 2016

Sujadi Apresiasi Kegiatan Sosial LKM Fajaresuk

SHARE
PRINGSEWU : Bupati Pringsewu Sujadi Bupati menghadiri kegiatan sosial Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Fajar Utama, Kelurahan Fajaresuk, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu di Aula Kantor Kelurahan setempat, Kamis (28/01).

Asisten Koordinator Kota (Askorkot) CD Mandiri Kabupaten Pringsewu, Muhammad Ridwan mengatakan, kegiatan sosial LKM diikuti sekitar 100 warga dari 19 RT di Kelurahan Fajaresuk yang terdiri dari lansia, janda dan kaum dhuafa.

"Ke 100 warga mendapat bantuan paket sembako dan santunan dari LKM yang bersumber dari laba bersih Unit Pengelola Keuangan (UPK) tahun 2015 sebagai bagian program ekonomi bergulir ex PNPM Mandiri Perkotaan, yang sekarang menjadi Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP)," katanya.

Dikatakannya, Kegiatan ini merupakan program tahunan LKM Fajar Utama yang dilaksanakan sejak tahun 2009. Tahun 2015, LKM Fajar Utama memiliki laba bersih hasil perguliran UPK sebesar Rp 28.400.000.

"Dan 40 persen dari laba bersih, atau sekira Rp 11,5 juta ditambah dana sosial Rp 2 juta dialokasikan untuk kegiatan sosial LKM tahun ini," ucapnya.

Bupati Pringsewu, Sujadi dalam acara tersebut berdialog dengan penerima manfaat santunan sosial dan sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan LKM Fajaresuk ini.

“Harapannya, setiap tahun kegiatan ini bisa dilaksanakan, karena sangat bermanfaat bagi warga yang tidak mampu dan lansia, namun, saya akan lebih bangga jika ada warga yang tidak mampu hadir disini, tahun depan tidak lagi menerima bantuan, karena kesejahteraannya telah meningkat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan ‘reward’ oleh UPK Fajaresuk kepada lima Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) terbaik yang selalu tepat waktu melunasi angsuran ekonomi bergulir.

Total dana ekonomi bergulir UPK LKM Fajaresuk adalah Rp. 158.680.914,- dengan rincian modal awal dari PNPM Mandiri Perkotaan Rp. 20 juta, modal tambahan dari Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK) Rp 95 juta dan dari tambahan laba UPK sebesar Rp 43.680.914.

Selain Bupati Pringsewu H. Sujadi juga dihadiri Camat Pringsewu Nang Abidin, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda Pringsewu Ivan Kurniawan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) P2KKP Kabupaten Pringsewu, A. Handri Yusuf, Lurah Fajaresuk serta jajaran Konsultan P2KKP Kabupaten Pringsewu. (r)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: