Hasil LUN SMA/SMK Segera Dimumkan

BANDAR LAMPUNG -- Nilai hasil pelaksanaan latihan ujian nasional (LUN) tingkat SMA/SMK akan diserahkan kepada masing-masing sekolah pada 1 Maret 2016 mendatang. Hal itu disampaikan Kepala SMA YP Unila Pitoewas.

Menurut Pitoewas, saat ini tim pemindaian yang terdiri dari empat orang yang berasal dari SMA YP Unila sedang bekerja ekstra untuk merampungkan pemindaian nilai LUN SMA/SMK di Bandar Lampung.

"Mereka terisolasi tidak ada yang boleh mengganggu pekerjaannya kami sediakan ruang khusus. Nanti hasilnya akan diserahkan ke sekolah masing-masing," kata Pitoewas, Jumat (26/2/2016).

Ia menuturkan keempat tim pemindaian tersebut merupakan tim komputerisasi yang biasa melakukan pemindaian setiap tahun. "Setiap tahun pakai mereka tempatnya juga selalu di sini (YP Unila, red)," imbuhnya.

Dia melanjutkan setelah hasil LUN diumumkan, nantinya akan ada evaluasi dari masing-masing sekolah. Sebab, LUN ini dilakukan untuk menilai seberapa jauh siswa menyerap materi yang disampaikan selama ini.

"Ini sifatnya untuk mengulur kemampuan siswa, mana yang masih kurang nanti akan dipertajam lagi. Tidak ada pengaruhnya dengan UN," jelasnya.

Pitoewas menilai jika nanti hasil LUN siswa belum maksimal ini merupakan hal yang wajar. Sebab, sebagian guru baru akan menyelesaikan SKL pada 10 Maret 2016. Sehingga nilai US mendatang bisa lebih baik dari pada LUN.

Setelah melakukan evalusi, siswa akan bersiap melaksanakan ujian sekolah (US) yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 14-21 Maret 2016 kerja sama Dinas Pendidikan dengan sekolah masing-masing. "Soal US dibuat MGMP masing-masing mata pelajaran. Begitu juga dengan bobot soal disesuaikan dengan komposisi 40% sedang, 30% mudah dan sisanya sulit," urainya.

US ini nanatinya digunakan untuk menentukan nilai ujian sekolah yang akan dimasukkan ijazah. Sedangkan mata pelajaran yang akan diujikan, semua pelajaran yang diajarkan termasuk muatan lokal (mulok) Bahasa Lampung.(n)

Post a Comment

0 Comments