9 Februari 2016

Proyek Rehab Irigasi Metro-Lamtim Diduga Langgar Spek

SHARE
BANDARLAMPUNG : PT  Pattimah  Indah Utama asal Makasar pemenang tender proyek rehab irigasi di ruas Magelangan Desa Jojok, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur-Ruas Magelangan Metro Barat, diminta bertanggungjawab karena diduga pekerjaan tidak sesuai spesifikasi.

Hal ini disampaikan sejumlah petani di Kota Madya Metro dan petani Lampung Timur yang  memanfaatkan saluran irigasi  sepanjang 18,345 km  itu. Para petani merasa kecewa dengan kualitas pekerjaan yang baru saja direhab tahun 2015 yang terkesan asal-asalan.

“ Ini mah pekerjaannya asal-asalan pak, justru lebih bagus kualitas rehab sebelumnya,” kata Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Rukun Makmur Desa  Metro Selatan , Sutarji, belum lama ini.

Proyek senilai Rp 58. 056.700.900 itu kata Sutarji, dikhawatirkan tidak akan bertahan sesuai dengan batasan kekuatan proyek sampai dengan masa pemeliharaan habis. “ Kami kecewa dengan rekanan yang mengerjakan rehab irigasi ini. Jika nantinya proyek ini hancur wajar saja karena kulaitas pekerjaan emmang tidak sesuai yang diharapkan,” tukas Sutarji.

Sementara berdasarkan pantauan di lokasi proyek, dari titik nol kegiatan yang terbentang dari  Desa Magelangan Metro Barat sampai Desa  Jojog  Kecamatan Pekalongan Lampung Timur itu direhab hamper sepanjang 18,345 km meter.
Hasil pantauan diketahui, rekanan tidak memasang terpasang plang proyek, besi rangka coran lantai untuk irigasi besar hanya satu lapis dengan rangkaian anyaman yang sangat dipasang jarang-jarang.

 Termasuk juga, diduga ketebalan yang seharusya sepuluh senti meter masih di temukan  ada yang memiliki ketebalan hanya 4 centi meter. Kemudian, paralon rembesan air tanah hanya memakai paralon tipis yang di perkirakan cepar rusak, bahkan terpsanga secara jarang jarang, dinding irigasi terlihat retak di sana sini yang diperkirakan adukan dinding beton 1: 10  sehingga kekuatan dinding irigasi tidak akan kuat seperti yag di harapkan.

Paket Rehabilitasi irigasi Bunut lanjutan dengan satuan kerja kegiatan irigasi dan Rawa II pemanfaatan Air Mesuji Lampung yang di kerjakan dengan cara pelelangan umum, di menangkan oleh  PT  Pattimah  Indah Utama yang ber alamat di Jalan Sutan Alauddin, Makasar  dengan anggaran Rp 58. 056.700.900.,-.


Para petani di sepanjang slauran irigasi tersebut berharap rekanan bertanggung jawab atas pekerjaan yag terkesan asal jadi tersebut. Para petani dan warga lainnya memperkirakan apabila pekerjaan tersebut di kerjakan sesuai dana anggaran yang yang tentu hasilnya akan lebih baik dan sesuai yang di harapkan.( tim )
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: