Disbertam Anggarkan Rp1 Miliar untuk Penerangan Jalan


BANDARLAMPUNG: Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Bandarlampung  gelontorkan Rp1 miliar untuk pemeliharaan lampu-lampu penerangan jalan di Kota Tapis Berseri.

Anggaran tersebut diperuntukan bagi pemeliharaan lampu beserta pergantian suku cadang bagi  terhadap 16 ribu titik lampu.
Rencananya Disbertam Bandarlmpung akan mengadakan suku cadang berupa 800 buah lampu, termasuk kelengkapan alat-alat kelistrikannya seperti kabel.
“Trafo, induktor dan kapasitor,” kata Kepala Disbertam Zainudin, Senin (28/03/2016).

Pemeliharaan rutin ini dilaksanakan di seluruh jalan-jalan di kota, baik jalan protokol, jalan kota, ataupun lampu jalan lingkungan, serta jembatan layang (flyover) di Bandarlampung.
Zainudin menuturkan, sudah menjadi agenda rutin dari Disbertam Bandarlampung untuk melakukan pengecekan lampu- lampu dan memastikan lampu-lampu tersebut bekerja dengan baik.

Biasanya karena masalah usia kerja (lifetime) lampu-lampu ini mempunyai waktu berfungsinya. Artinya  setiap waktu harus dipantau kinerjanya, supaya penerangan tetap baik.
“Penerangan jalan ini cukup penting ya, karena menyangkut kelancaran lalu lintas," jelasnya.

Masalah yang biasa ditemukan pada lampu-lampu penerangan jalan adalah terkait usia kerja lampu (lifetime) dan jaringan listrik pada lampu tidak bekerja dengan baik. Kerusakan lampu jalan ini selain akibat usia, kemudian unsur kesengajaan seperti dirusak maupun dicuri, serta akibat getaran kendaraan yang lewat.

Pemeliharaan lampu jalan, tambah Zainudin, melibatkan petugas dari Disbertam beserta peralatan pendukungnya berupa satu unit mobil tangga. Jenis kerusakan lampu jalan di daerah itu kebanyakan terjadi pada bola lampu, sekring, MCB, circuit, magnet, time swit, kabel dan lainnya.

Untuk itu, dia mengharapkan kalangan masyarakat yang berdiam di dekat lampu jalan agar dapat memelihara aset negara tersebut, karena jika hilang atau rusak maka perbaikan dan penggantiannya membutuhkan waktu yang lama serta memakan biaya cukup besar mengingat semua komponen listrik ini harganya terbilang mahal.

“Ada 16 ribu titik lampu penerangan jalan di wilayah Kota Tapis Berseri, dan 99% berfungsi dan menyala dengan baik. Tolong ini kita jaga bersama, laporkan jika ada aktivitas yang sekiranya mencurigakan di sekitar tiang-tiang lampu jalan,” katanya.

Untuk pengadaan suku cadang lampu jalan itu akan dengan e-Lelang Sederhana. Saat ini prosesnya sudah memasuki tahap Pembukaan Dokumen Penawaran. Lelang ini diikuti oleh 34 peseta dengan pengumuman pemenang pada 31 Maret nanti.

“Penandatanganan kontrak akan dilakukan pada 6 Maret nanti. Setelah itu pengerjaannya akan langsung dimulai dan berjalan sampai akhir tahun,” katanya.(r)

Post a Comment

0 Comments