31 Maret 2016

Mesuji Targetkan Jadi Lumbung Pangan Nasional

SHARE

Mesuji : Penen Raya Padi Sawah perdana di desa Tebing Karya Mandiri kecamatan Mesuji Timur - Mesuji, dilangsungkan dengan mendatangkan Direktur Serelia Direktorat Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Nandang Sunandar. MP, sebagai perwakilan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, pada Kamis (31/3/2016).


Seluas 120 hektar lahan sawah baru di desa Tebing Karya Mandiri telah menemukan angka hasil panen perdana sekitar 3 - 3,5 ton perhektar. Untuk di kabupaten Mesuji pada tahun 2015 pihak TNI yang bekerja sama dengan pemerintah daerah mesuji telah menyelesaikan kuota 2000 hektar, namun secara simbolis panen di langsungkan di desa Tebing Karya Mandiri.


Menurut kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Anca Martha Utama, mengatakan Mesuji siap menjadi lumbung beras di Lampung, dalih tersebut berasal dari data sawah produksi tanam gadu maupun rendeng berkisar 24,579 hektar yang tersebar di 38 desa 3 kecamatan dari 7 kecamatan se- Mesuji.


Diketahui kabupaten Mesuji pada tahun 2016 akan kembali menambah jumlah lahan sawah baru sekitar 6000 hektar. Untuk tanaman  perdana padi sawah di mesuji mampu menghasil kan 3 ton gabah kering panen perhektar lebih sementara sawah produksi sekitar 8 ton gabah kering panen perhektar.


Dalam akumulasi tersebut Mesuji diklaim mampu menjadi lumbung pangan nasional tingkat provinsi lampung.
Berdasarkan data tersebut Nandang mengatakan di sela-sela kunjungannya ke kabupaten Mesuji mengungkapkan, “dengan hasil 3 ton lebih perhektar sawah panen perdana tentu capaian yang sangat luar biasa, semoga Mesuji menjadi motor penggerak suplai pangan dilampung maupun di Indonesia, “singkat Nandang.



Dengan adanya hasil yang cukup memuaskan, Nandang mengucapkan terima kasih atas kerja keras pihak TNI yang telah melaksankan Program Cetak Sawah baru sebagai terobosan program pemerintah pusat dengan tajuk Nawacita Swasembada Pangan Tanah Air. (n)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: