Nia Rancang Media Aplikasi Belajar Android

BANDARLAMPUNG : Kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk mempermudah mahasiswa dalam memperluas pengetahuannya. Hal ini membuat Mahasiswi Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Nia Martina Sari berinisiatif merancang media pembelajaran sistem informasi berbasis android.
Mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer ini mengungkapkan, aplikasi media pembelajaran ini merupakan program yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar bagi mahasiswa. Software yang dapat diakses menggunakan perangkat mobile smartphone berbasis android ini memuat semua mata kuliah dari semester I hingga semester VIII sesuai padanan di jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya.
Gadis kelahiran 20 Maret 1992 ini menerangkan, aplikasi ini dapat digunakan oleh admin, dosen, dan mahasiswa dengan memasukan username serta password di laman log in. Setiap minggunya dosen dapat mengupload materi perkuliahan dalam bentuk pdf pada aplikasi, sementara mahasiswa bisa langsung mengunduhnya sebelum pertemuan perkuliahan. Penelitian yang dilakukan Nia selama 4 bulan ini sebagai tugas skripsinya di jurusan Sistem Informasi.
“Dengan begitu diharapkan mahasiswa tidak perlu mencatat ketika dosen menjelaskan dan bisa lebih memahami isi materi. selain bermanfaat bagi proses pembelajaran yang efektif  dan mandiri, aplikasi pembelajaran ini juga mempermudah proses pembelajaran ketika dosen dan mahasiswa tidak dapat bertemu langsung karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja,” ujar mahasiswa yang pernah mengikuti program Student Mobillity periode V di Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM) tahun 2014-2015 ini.
Anak bungsu dari empat bersaudara ini melanjutkan, berbeda dengan e-learning yang telah dimiliki IBI Darmajaya sejak 2005 hingga saat ini yang berbasis website, aplikasi rancangannya ini berbasis android sehingga lebih mudah digunakan.
Menanggapi penelitian tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset IBI Darmajaya, Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT mengapresiasi dan mendukung mahasiswanya untuk aktif melakukan penelitian.
Diungkapnya, setiap tahunnya ratusan penelitian mahasiswa IBI Darmajaya dihasilkan. Tak jarang pula, penelitian tersebut memperoleh penghargaan dengan memenangkan kompetiti dan mendapatkan hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi baik dibidang akademik maupun kewirausahaan.
“Kami juga membuka ruang bagi berbagai pihak untuk mengaplikasikan produk-produk penelitian mahasiswa yang memungkinkan digunakan pada sektor bisnis dan industri,” ungkapnya.(r)

Post a Comment

0 Comments