Perbaikan Tidak Maksimal, Tanggul di Pekon Banding Jebol Diterjang Banjir

TANGGAMUS : Satu bulan terakhir, dua kali banjir menghampiri sejumlah wilayah di Kabupaten Tanggamus. 

Wilayah yang terkena banir itu terletak di Pekon Banding, Kecamatan Bandar Negeri Semong (BNS) dimana tanggul sungai yang sebelumnya sudah direnovasi, tidak kuat menahan terangan air.

Upaya pemerintah setempat sebelumnya sudah dilakukan, dimana Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan langsung turun meninjau banjir di wilayah tersebut. 

Kala itu Bambang berjanji akan menuntaskan perbaikan tanggul yang jebol, namun janji ini tidak sesuai dengan harapan warga setempat.

"Memang kondisi tanggul sudah direnovasi. Pemerintah sendiri memang berupaya dengan mengisi pasir dan batu yang diambil dari kali tersebut untuk menanggulangi. Tapi kalau cuma pasir dan batu yang hanya ditumpuk-tumpuk, ya tidak kuatlah, jangankan diterjang air, kena hujan saja sudah pasti bubar tumpukan batu itu. Beton saja jebol. Masa sih pemerintah tidak ada dana taktis untuk merenovasi tanggul dengan benar?" kata Pun Ivan salah satu tokoh warga setempat saat ditemui di lokasi tanggul yang jebol, Rabu (09/03/2016).

Pun Ivan uga menyesalkan penanganan pemerintah yang hanya menurunkan 3 Alat berat. Itupun tidak beres kerjanya, cuma kerja 1 minggu kurang lebih untuk merenovasi tanggul. Sehingga terjadilah banjir untuk yang kedua kalinya, karna kerjanya dinilai tidak becus.(hdr)

Post a Comment

0 Comments