Ridho : Kepala SKPD Harus Punya Daya Dobrak

LAMTENG : Gubernur Lampung Ridho Ficardo menghadiri dan memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kabupaten Lampung Tengah, Rabu (23/3/2016), yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Tengah.

Dalam arahannya Ridho menyampaikan agar semua perencanaan dipastikan betul-betul, diperkirakan segala indikator sehingga Musrenbang benar-benar menghasilkan rancangan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satu kuncinya yaitu melakukan kontrol di awal.

"Pastikan benar-benar, pahami betul. Saya kepada Satker selalu lakukan kontrol di awal. Tanyakan indikator setiap kedinasan, target pembangunan yang dicapai. Sehingga Musrenbang bisa sesuai dengan Visi Misi kita dan segaris dengan RPJMD dan RPJMN."

Ridho juga menyampaikan agar Kepala SKPD menguasai betul rencana dan indikator program kedinasannya masing-masing. Serta Kepala SKPD bisa berakselerasi melakukan pencarian dana dari luar dan dibawa masuk ke Lampung.

"Kalo cuma menjalankan kewajiban menghabiskan anggaran eselon tiga dan empat juga bisa. Namun anda sebagai kepala SKPD harus mempunyai daya dobrak bisa mencari dana-dana yang ada di pusat. Karena jika hanya mengandalkan APBD kita sulit melakukan lonjakan. Cari dan jemput." Jelas Ridho.

Dalam kesempatan Musrenbang yang mengangkat Tema "Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi untuk Menigkatkan Keamanan, Kesempatan Kerja serta Mengurangi Kemiskinan dan Kesenjangan Antar Wilayah", Ridho juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Lampung Tengah atas kerjasama dan sinergitas dalam menyukseskan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra yang melewati Lampung Tengah.
Lampung Tengah sebagai center-nya Lampung, menurut Ridho harus maju dan menjadi kunci untuk merangsang pertumbuhan di daerah sekitarnya. Oleh karena itu, Ridho mengaku anggaran perbaikan jalan di Lampung paling besar adalah di Lampung Tengah.

Beberapa program pembangunan yang sedang digalakkan pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat yang berkaitan dengan Lampung Tengah juga Ridho jabarkan, mulai dari Jalan Tol, Kawasan Industri, dan daerah-daerah ketahanan pangan dan ternak dimana Lampung Tengah sebagai salah satu ujung tombaknya.
Dalam sambutan, Bupati Lampung Tengah Mustafa menyatakan siap mendukung program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi, serta siap menyamakan Visi dan Misi guna kesinambungan pembangunan antardaerah.

Mustafa katakan Lampung Tengah memfokuskan program bidang keamanan, infrastruktur, pendidikan dan ekonomi kreatif serta kesehatan dan pendidikan guna mendukung program Pemerintah Provinsi Lampung agar seiring sejalan, karena menurutnya Ia sepakat dengan Gubernur Lampung salah satu cara memajukan daerah adalah sinergi dan saling mendukung.

Acara juga dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Lampung, Forkopimda Lampung Tengah dan kepala satuan SKPD Lampung Tengah, Camat Lampung Tengah, Gapoktan Lampung Tengah, dan Sejumlah Pengurus Kampung yang ada di Lampung Tengah.(rilis)

Post a Comment

0 Comments