Satker Diminta Berpartisipasi dalam Nusantara Expo

BANDARLAMPUNG : Pemerintah Provinsi Lampung mempersiapkan diri guna mengikuti Nusantara Expo dan Forum Tahun 2016. Kegiatan ini akan digelar di masing-masing Anjungan Provinsi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada bulan Oktober 2016. 

Untuk itu Sekretaris Daerah Arinal Djunaidi memimpin Rapat Persiapan kegiatan dimaksud pada Selasa, (15/3) di Ruang Rapat Sekretaris Daerah. Acara dihadiri pula Asisten Bidang Ekbang Adeham dan satuan kerja terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, Rapat tersebut merupakan tindaklanjut dari Surat Menteri Dalam Negeri tanggal 28 Januari 2016 Nomor 510.23/278/SJ Perihal Penyelenggaraan Nusantara Expo dan Forum 2016. 

Surat yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menguraikan maksud Nusantara Expo untuk membangun kesadaran seluruh komponen bangsa dalam rangka memelihara, melindungi dan mengembangkan warisan seni dan budaya melalui inovasi dan kreativitas untuk pembangunan ekonomi bangsa.

Adapun tujuan kegiatan tersebut yaitu terciptanya sinergi dan keterpaduan langkah para pemangku kepentingan, dunia usaha dan masyarakat serta membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan produk-produk unggulan daerah sebagai pilar ketahanan ekonomi nasional yang tangguh untuk menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN dalam bingkai NKRI.

“Adapun rangkaian kegiatan terdiri dari beberapa acara di antaranya : pameran, karnaval budaya, festival marching band tunas bangsa, panggung merah putih, pasar priboemi, orasi kebudayaan Menteri Dalam Negeri RI, Dialog Ekonomi, Rembug Budaya, Forum Ekonomi, Forum Budaya, dan Forum Generasi Muda,” jelas Karo Humas.

Forum Nusantara ini akan diikuti Kementerian dan lembaga Pemerintahan, Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kabupaten/Kota, TNI/Polri, BUMN dan BUMD, Industri Strategis Nasional, Dunia Usaha Swasta Nasional dan Investasi dan lainnya.

Lebih lanjut Bayana mengatakan dalam arahannya Sekretaris Daerah Provinsi  Arinal Djunaidi meminta satuan kerja terkait untuk berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut. Adapun teknis lebih lanjut, Kementerian Dalam Negeri akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) sebagai dasar Pemerintah Daerah untuk berpartisipasi. “Selain itu juga diadakan Rapat Koordinasi lanjutan di Jakarta untuk membahas persiapan lebih lanjut,”ujarnya.  


Ditambahkan Kabag Humas Heriyansyah, Pemerintah Daerah dalam acara tersebut diminta untuk berpartisipasi dengan mengirimkan duta daerah. Tugasnya yaitu mempromosikan produk-produk unggulan daerah. Selain itu ikut mengirimkan kontingen pada Pagelaran Parade Tari Nusantara.(rilis)

Post a Comment

0 Comments