Sniper Sterilisasi Tempat Makan Siang Jokowi

BALIKPAPAN : Berbagai persiapan dan sterilisasi dilakukan sehari sebelum kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Salah satunya di Rumah Makan Apong yang rencananya jadi tempat makan siang Jokowi, Kamis (24/3/2016).
Humas RM Apong, Sisharyanto mengatakan, protokoler memeriksa detil rumah makan. Mereka memeriksa semua sudut ruang, dari kebersihan lantai dapur, jalur keluarnya makanan, hingga toilet.
Mereka menyempatkan gladi resik bila Kepala Negara jadi makan di sana dengan memperagakan mulai dari kedatangan tamu, mengarahkan tamu, penempatan ruang VVIP, hingga soal keamanan lokasi. Semua karyawan rumah makan mengikuti gladi resik itu.
"Diperkirakan yang akan datang 50 orang," kata Sisharyanto, Rabu (23/3/2016).
Yang menarik perhatian mereka adalah munculnya seseorang menenteng senapan di punggungnya. Ia mengecek semua lantai terutama lantai teratas rumah makan.  
"Masuk sampai ke ruang-ruang kantor kami,” ujar SIsharyanto.
Sniper. Kelihatan dari bawaannya. Kami tentu tahu dia seorangsniper, dari perlengkapan yang dibawa sampai penampilannya. Katanya juga akan ada sniper lain. Tapi hari ini hanya ada satu," katanya.
Rumah Makan Apong memiliki nama besar di Makassar, Sulawesi Selatan. Rumah makan ini menyajikan menu khas sea food. Kini, rumah makan ini berdiri di Balikpapan sejak pertengahan November 2016 lalu.
Makanan khas dari laut yang menjadi andalan adalah cumi-cumi, udang, kerang, dan ikan. Kepiting tentu menjadi bahan sajian andalannya.
Konsep rumah makan Apong, kata Rudy, bukan sekadar ikan apa yang dimasak lantas disajikan. "Kekuatannya ada di saos. Kami memiliki tiga model saos," katanya.
Mereka menamai saos angsio, macho, dan kuning telur asin. Racikannya rahasia, namun soal rasa perpaduan asin, gurih, pedas.
"Jadi nanti pak Presiden pesan, misal Kepiting, kita tanya mau minta dimasak pakai saos apa. Angsio, macho, atau telur asin," katanya.
Rumah makan ini dipilih sebagai tempat makan Kepala Negara bukan hanya sedakar paling anyar di antara banyak rumah makan dengan sajian serupa di Balikpapan. Sekadar tahu, Balikpapan dikenal sebagai kota kuliner makanan serba laut.
"Tapi karena tamu kita memang banyak orang pejabat pemerintahan, termasuk TNI, Polri, bahkan sampai polisi Polsek dan Koramil. Mungkin karena itu kami direkomendasi jadi tempat makan Presiden," kata Sisharyanto.
Rencananya di Balikpapan, Jokowi akan meninjau pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda. Agenda selanjutnya, Jokowi akan membagi Kartu Indonesia Sehat (KIS) di embarkasi haji di Batakan, Kecematan Balikpapan Timur.
"Setelah itu, rencananya Presiden akan makan siang di RM Apoeng lalu take off," kata Kapendam VI Mulawarman, Kolonel Inf Andi Gunawan. Menurut jadwal, Jokowi take off pukul 13.30.(n)

Post a Comment

0 Comments