Berprestasi, SMAN II Kalianda Diundang 4 PTN

LAMSEL : Lampung Selatan : Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kalianda mendapatkan empat undangan dari perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia untuk diterima sebagai siswa tanpa tes.
Hal tersebut dikatakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 2 Kalianda Herwansyah saat ditemui dikantornya, Rabu (11/05/2016). Dikatakannya, sebanyak 6 siswa SMAN 2 Kalianda dipastikan sebagai siswa diuniversitas negeri tanpa melakukan tes.
" Keempat universitas negeri tersebut, yaitu Universitas Diponogoro (Undip) di Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang (Unes), Universitas Lampung (Unila) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Perincian Enam siswa kita yang diterima, di Undip 1 orang, di UNES 1 orang, di UNILA 1 orang, dan di ITERA sebanyak 3 orang," ungkapnya.
Dia menambahkan, meski tidak melewati tes yang secara otomatis masuk diuniversitas negeri. Dirinya menjelaskan, salah satu persyaratan diterima di Empat universitas negeri tersebut dilihat dari nilai lapor dan prestasi siswa.
“ Dari enam siswa dengan perincian 3 pelajar putri dan 3 pelajar putra, mereka semua lulusan dari jurusan IPA dengan nilai yang tinggi,” pungkasnya.
Sebagai informasi, sumber dari situs http://sonysugemacollege.com/news-even/172-9-kriteria-penerimaan-lewat-jalur-snmptn-undangan ; terdapat 9 kriteria penerimaan lewat jalur PTN undangan, yakni Nilai Rapor mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN) yang menjadi acuan penerimaan untuk perbandingan dua siswa.
Sra umum akan dilihat nilai total rapor mereka ; Nilai per Mata Pelajaran, Misalnya A dan B mengambil jurusan Kimia pada suatu universitas yang sama. Secara peringkat, si A kalah, namun memiliki nilai Kimia lebih baik dari B.
Dalam kasus seperti ini, maka si A tetap masih bisa bersaing dengan B, Konsisten siswa tidak pernah keluar dari ranking 50 persen di kelasnya selama semester tiga hingga lima, Prestasi di Luar Kelas semisal melampirkan maksimal tiga prestasi terbaiknya.

Piagam atau sertifikat, Akreditasi Prestasi sekolah di ajang-ajang kompetisi atau peringkat akreditasi sekolah juga menjadi pertimbangan pihak universitas dalam memilih siswa, Prioritas Pemilihan Jurusan, Jumlah Alumni di PTN Tempat siswa akan mendaftar menjadi pertimbangan dalam jalur PTN. Semakin banyak alumni yang ada di PTN tersebut maka makin bagus penilaian universitas itu terhadap sekolah tersebut ; Faktor Pengembangan SDM ; Aturan Khusus Tiap PTN. (fitri)

Post a Comment

0 Comments