Pemkab Lamsel Segera Bentuk Prusda


LAMSEL : Tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan membentuk suatu perusahaan daerah (Prusda) yang akan menghasilkan produk asli buatan Lampung Selatan.

Salah satunya, menciptakan Beras Padi Asli Lampung Selatan yang disingkat "Beras Palas". Dimana nantinya, prusda atau bekerjasama dengan pihak swasta secara bersama-sama mengelola pembuatan Beras Palas. Tentunya, dengan memberdayakan seluruh petani yang berada di Lampung Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lampung Selatan Zaindin Hasan usai menghadiri  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 di Aula Rajabasa perkantoran Pemda setempat, Selasa (24/05/2016).

"Ini dilakukan, agar hasil panen padi milik petani tidak keluar Lampung Selatan. Kita rekrut pihak swasa atau membentuk prusda, sehingga menampung hasil panen petani. Kemudian, kita brending (merk, red) menjadi Beras Palas. Dengan cara ini, akan mengangkat nama Lampung Selatan lebih dikenal oleh masyarakat luas," kata Zainudin.

"Insya' Allah, tahun depan rencana membuat Beras Palas, akan kita laksanakan," kata Bang Zai sapaan akrabnya.

Dikatakannya, meski tidak semudah membalikan telapak tangan terkait rencana Pemkab Lampung Selatan akan membuat produksi asli Lampung Selatan (Beras Palas, red). Zainudin mengaku, segala persiapan produksi Beras Palas akan dipersiapkan  konsep pelaksanaannya dengan matang. 

"Untuk sekarang ini, tentunya proses rencana ini tidak bisa instan. Karena perlu persiapan yang matang, seperti paten merk, persiapan karungnya, menghimpun lahan pertanian di Lampung Selatan, hasil panen petani, serta modal yang memadai," terangnya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan, pembuatan produk asli daerah "Beras Palas" dalam artian sumber beras untuk produksi bukan dari Kecamatan Palas saja. Melainkan, ungkap Zainudin, sumber bahan beras yang diproduksi menjadi produk Lampung Selatan, diambil dari seluruh hasil panen petani yang tersebar di Lampung Selatan. 

"Nama merk-nya Beras Palas, bukan untuk Kecamatan Palas saja. Tetapi itu singkatan "Padi Asli Lampung Selatan". Jadi sumber bahannya (beras, red), bisa dari Kecamatan Jati Agung, Candipuro, Palas, dan kecamatan lainnya,"pungkasnya. (fitri)



Post a Comment

0 Comments