Rasta Lamsel Disesuaikan Data Terbaru Pemerintah Pusat

LAMSEL : Agar tepat sasaran, penyaluran beras miskin (Raskin) atau sekarang disebut Beras Sejahtera (Rastra) tahun 2016 di Kabupaten Lampung Selatan, akan menggunakan data terbaru dari pemerintah pusat.
" Sesuai himbauan dewan, falidasi data terbaru yang melibatkan pihak Badan Pusat Statistik (BPS) sudah kita sampaikan ke pusat. Sekarang ini, kita masih menunggu data terbaru tersebut dari PMP2K," terang Kabag Perekonomian, Irmanto saat ditemui di seputaran kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (24/05/2016).
Ditanya kapan data terbaru penerima Rastra tahun 2016 di wilayah Lampung Selatan. Irmanto belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Sebab, data hasil falidasi yang melibatkan pihak BPS yang diserahkan ke PMP2K, belum diterima Bagian Perekonomian Setkab Lampung Selatan.
" Belum tahu, kapan waktunya data jumlah penerima Rastra terbaru dari pusat dikirim kekita. Sementara ini, kita masih memakai data yang lama," kata dia.
Kemudian, lanjut Irmanto mengatakan, tepatnya penyaluran Rastra tahun 2016 jika sudah memakai data terbaru dari pusat serta menghindari dari penyelewengan penyaluran Rastra 2016. Pihaknya, berencana akan membuat stiker bertandakan rumah tangga miskin (RTM) penerima Rastra yang ada diseluruh wilayah Lampung Selatan.
"Ini semua, kita lakukan merespon rekomendasi DPRD, terkait penyaluran Rastra agar tepat sasaran," pungkasnya.
Untuk diketahui, sebelumnya pada hari Senin (23/05/2016) lalu, dilaksanakan rapat paripurna DPRD Lampung Selatan dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2015.
Dimana, hasil rekomendasi, seluruh satuan kerja (Satker) dilingkungan Pemekab Lampung Selatan mendapatkan saran masukan maupun kritikan atas kinerja program satker.
Dalam hal ini, Bagian Perekonomian Setkab Lampung Selatan tak luput mendapat masukan, yakni dalam menertibkan pendataan pembagian beras untuk keluarga sejahtera (Rastra), karena masih dijumpai pendistribusian Rastra tidak tepat sasaran, untuk optimalnya penyaluran Rastra di sarankan membuat tanda label/stiker yang di pasang di setiap rumah untuk masyarakat penerima Rastra yang berhak.
Kemudian, saran lainnya, yakni, dalam rangka mengoptimalkan fungsi monitoring dalam program pendistribusian bantuan Rastra, diharapkan dapat menyampaikan data-data konkrit kepada Komisi B DPRD Kabupaten Lampung Selatan.(fitri)


Post a Comment

0 Comments