2 Mei 2016

Tunjangan Guru Honorer di Tubabar Diduga Dipotong

SHARE

TUBA BARAT  : Sebagai program pemerintah pusat guna kesejahteraan guru honorer yang ada di wilayah Indonesia baik di tingkat povinsi maupun kabupaten semua guru honorer mendapat tunjangan berupa uang Rp1.800.000-“/guru.

Tunjangan tersebut berasal dari sumber dana APBN yang dicairkan masing- guru honorer melalui pihak sekolah masing-masing.mulai dari Tingkat TK.SD dan SMP. Namun sangat disayangkan yang terjadi disekolah wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat para guru honorer penerima tunjangan tersebut diduga tidak menerima utuh Rp.1800.000/guru.

Mereka hanya menerima Rp.1,300.000/guru.yaitu dana tersebut diduga ada pemotongan oleh oknum kepala sekolah Rp.500.000/guru.

Saat ditelusuri, dari beberapa nara sumber yang enggan disebutkan namanya ternyata ada dugaan pemotongan itu memang ada. Bahkan salah satu salah satu kepala sekolah yang enggan disebutkan namanya mengakui adanya potongan dana Rp.500.000/guru.

“ Benar pak itu bukan potongan tapi sebagai pengganti trasportasi orang Dinas Pendidikan. Uang  tersebut saya setorkan kepada salah satu oknum Diknas yaitu ke kasi Dikdas. Kami sebagai kepala sekolah hanya pelaksana.hanya itu yang dapa saya jelaskan untuk lebih lanjut silahkan tanya ke pak kasi dikdasnya,,Pungkasnya”

Kasi Dikdas Dinas Pendidikan Tulang bawang Barat, Andika menjelaskan, benar guru honorer TK-SD-SMP dapat tunjangan yang bersumber dari APBN senilai Rp.1.800.000/guru. Masalah pencairannyapun itu pihak sekolah masing-masing dan mengenai isu yang beredar itu tidak benar.

“ Saya tidak pernah terima uang apapun dari kepala sekolah terkait gaji tunjangan guru honorer. Saya pun tidak mungkin tega untuk memotong gaji tunjangan guru honorer. Siapa tau ulah kepala sekolah sendiri yang menjual oknum Diknas,” tudingnya.

Penelusuran di lapangan, masalah tunjangan gaji guru honorer diduga kepala sekolah dan oknum Diknas ada main. Pasalnya keterangan dari nara sumber dana tersebut diserahkan kepada oknum Diknas.

Hingga pemberitaan ini diterbitkan kabid Dikdas dan Kadis Pendidikan Tulang Bawang Barat belum bisa dikonfirmasi. (Rasyid)


SHARE

Author: verified_user

0 komentar: