19 Mei 2016

Usulan Masyarakat Harus Dituangkan dalam Musrenbang

SHARE

Mesuji : Anggota Dprd Mesuji daerah pemilihan (dapil) III melakukan reses di Balai Desa Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis (19/05/2016). Dalam rses tersebut dibahas penguatan filosofi pembanggunan melalui musyawarah pembangunan (Musrenbang).

Salah satu anggota Dprd Fuad Amrullah, memberikan pemahaman dan pembinaan terhadap seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa setempat. substansi pembahasan berkaitan dengan sistem pengawasan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atas kinerja Aparatur Desa.

Dikatakan Fuad, berbagai persoalan pembangunan yang masuk ke desa termasuk dengan pembangunan fisik di desa, sejatinya sebagian besar merupakan usulan masyarakat di dalam Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa dan Kecamatan lalu Musrenbang tingkat Kabupaten.

Salah satu poin yang disampaikan oleh Fuad, adalah, terkait Dana Desa dan Wajib Pajak. Menurutnya BPD dan Kepala Desa serta aparatur kiranya bersinergi untuk membangun Desa ke arah yang lebih baik.

"Ya, sebagai penguatan usulan yang disampaikan oleh masyarakat pada Musrenbang, mana yang sudah masuk dan mana usulan yang belum terealisasi, dengan Reses Dewan ini tentu mengusung agenda penyerapan usulan pada Musrenbang, " kata Fuad.

Selain itu juga Fuad mengatakan, masyarakat harus paham dengan sistem pembangunan yang di gelontorkan oleh pemerintah. " Oleh sebab itu kewajiban utama masyarakat adalah taat membayar pajak, " kata Fuad.

Sementara menurut Dwi anggota BPD Desa setempat, jika pemerintah daerah memang sudah melakukan pembangunan seperti usulan warga, akan tetapi dalam kesempatan Reses Dewan dirinya dan anggota BPD yang lain mengharapkan pemerintah daerah (Pemda) segera meningkatkan pembangunan lainnya.


" Berkaitan dengan pembangunan yang diusulkan memang sebagian besar telah dilaksanakan, akan tetapi tentu peningkatan sarana lainnya tentu kami harapkan, seperti meningkatkan pembangunan jalan desa, " ungkap Dwi.(n)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: