Desa Sukamaju Mulai Laksanakan Pembanguan Fisik Melalui ADD


PEMBANGUNAN FISIK : Pelaksanaan kegiatan ADD tahun 2016 Sepanjang 700 Meter Lingkungan 4 Dusun Sukajadi Desa Sukamaju kecamatan Abung Semuli Lampung Utara dimulai

LAMPURA : Kegiatan pembangunan wilayah pedesaan di Kabupaten Lampung Utara melalui anggaran dana desa (ADD) 2016 mulai dilaksanakan di sejumlah desa. Salah satu desa yang sudah mulai membangun melalui dana desa itu yakni desa Sukamaju Kecamatan Abung Semuli.

Tahun ini, desa Sukamaju mendapatkan suntikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp730 juta. Dana ini dipakai untuk pembangunan jalan onderlagh. Dari dana sebesar Rp730 juta itu, termin pertama sebesar 60% sudah dicairkan sedangkan sisanya sebesar 40% dicairkan pada termin kedua berikutnya.

Pantauan journallampung.com di lokasi pembangunan Desa Sukamaju, pekerjaan jalan onderlagh sepanjang 1400 meter itu diperkirakan sudah mencapai 70%. Sedikitnya, tiga titik lokasi pembangunan dimulai dari Lingkungan 4, Dusun Sukajadi, dibangun sekitar 700 meter.
Sementara di Lingkungan 5 Dusun Suka Makmur dibangun jalan onderlagh sepanjang 400 meter serta di Lingkungan 1, sepanjang 300 meter.

Dari ketiga dusun tersebut, sudah mulai dilakukan penumpukan batu gunung dan pasir sudah siap di lokasi pembangunan jalan.

Kepala Desa Sukamaju, Sumiar.Spd mengatakan, kegiatan tersebut akan kita laksanakan sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB) serta Petunjuk Pelaksana dan Petunjuk Teknis (Juklak-juknis) dari Pemeritah Daerah yang di sampaikan Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lampung Utara melalui konsultan perencanaan.

“ Kita berharap kegiatan tersebut terlaksana dengan sesuai harapan. Mengapa demikian, karena program ADD ini bukan hanya tahun ini saja, tetapi akan seterusnya berjalan dengan harapan berjalan aman dan kondusif.

“ Saya harapkan kepada Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Iwan Panji dan Agus Supriyanto bisa mengawal pelaksanaan ADD Tahun 2016 ini. Sehingga ini akan menjadi suatu momen dan contoh yang baik bagi desa yang lain,“ jelas Sumiar kepada journallampung.com beberapa hari lalu pada usai acara rapat Musyawarah Desa(Musdes) di balai desa setempat.

“Pelaksana kegiatan ADD Tahun 2016 Iwan Panji dan Agus Supriyanto mengatakan.dana yang dapat kami cairkan senilai 60% dari pagu anggaran sedangkan yang 40% nya akan dicairkan setelah -+ 70 % pekerjaan.. dari Nilai Dana Rp.7,30.000.000 (Tujuh Ratus Tiga Puluh Juta Rupiah) 70%.

Sumiar  juga menambahkan, dari total dana sebesar Rp730 juta, sebesar 30% digunakan untuk pembangunan non fisik. Pada kegiatan fisik, kata Sumiar, pihaknya memusatkan pembangunan di jalan lingkungan desa setempat. Termasuk juga jalan tembus penghubung Desa Sukamaju ke desa Semuli Raya.

“ Alhamdulillah, matrialnya sudah cukup dan tinggal menunggu tenaga kerja saja,” kata dia.
Terpisah, Kasubid Keuangan dan Kekayaan , Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lampura, Firmansyah mengatakan, sebanyak 232 desa di Kabupaten Lampura tahun ini menerima kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah.

Sementara pencairan ADD di tahun 2016 ini dilakukan dua  tahapan yaitu termin pertama 60% dan termin kedua sekitar bulan Agustus sebesar 40%.. (Rasyid)




Post a Comment

0 Comments