PDIP Lamsel Peringati Hari Kelahiran Pancasila

LAMSEL : Peringati hari kelahiran Pancasila yang ke-71 yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) diseluruh Indonesia menggelar upacara.
Khusus di Lampung Selatan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kabupaten Lampung Selatan menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman sekretariat PDP-P setmpat, Rabu (01/06/2016). Upacara hari lahir Pancasila ke 71 di Lampung Selatan oleh PDI-P, diikuti seluruh pengurus PDI-P tingkat kabupaten serta pengurus anak cabang (PAC) di seluruh kecamatan.
Ketua DPC PDI-P Lampung Selatan Hendry Rosyadi usai memimpin upacara mengatakan, upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar partai bergambar sapi moncong putih, setiap tahunnya digelar, yang merupakan intruksi dari Ketua Umum (Ketum) DPP PDI-P Megawati Soekarno Putri.
" Tujuannya, tidak lain ingin membumingkan (akbar, red) Pancasila yang merupakan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak merdekanya Indonesia dari penjajah tahun 1945 silam. Tanpa adanya pancasila yang diprakarsai oleh sang proklamator Bung Karno (presiden RI ke-1, red) tidak akan terbentuk NKRI. Kita jangan sampai melupakan sejarah (Jas Merah, red)," kata Hendry Rosyadi kepada media.
Mengapa PDI-P menggelar upacara setiap memperingati hari lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni ? Hendry Rosyadi beralasan, PDI-P sangat mengagumkan Pancasila, sebab mampu menyatukan Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, adat. Menurutnya, Pancasila mempunyai pundamental dan karakteristik tersendiri.
" Pancasila sudah teruji fungsinya. Ideologi Pancasila membuktikan suatu negara dapat terbentuk, yakni NKRI. Seperti di Indonesia terdiri dari berbagai macam SARA, bisa disebut dengan Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu itu, red). Bagi kami (PDI-P) Pancasila murapakan suatu anugerah," tukasnya.
Selain menggelarkan upacara tersebut, DPC PDI-P juga memberikan penghargaan terhadap peserta yang beruntung mendapatkan beasiswa bagi lulusan SMA yang melanjut diuniversitas negeri yang diprakarsai PDI-P, melalui Tryout beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut diberikan oleh Sekertaris DPC PDI-P Nanang Ermanto yang juga wakil Bupati Lampung Selatan.
" Yang lulus saat tryout kemarin ada 6 orang siswa, dibagi dua jurasan IPA dan IPS. Jurusan IPS yaitu Syahrial Al Jihadi dari SMA Kebangsaan, Penengahan dengan nilai 188, Devita Eka Pratiwi dari SMA 1 Kalianda nilai 185, Riandi dari SMA Kebangsaan nilai 159. Untuk jurusan IPA yaitu Andre Arrahman dari SMA Kebangsaan nilai 91, Yuli Anit dari SMA 1 Kalianda nilai 82, Bustanul A, dari SMA Kebangsaan nilai 72," pungkasnya.(fitri)


Post a Comment

0 Comments