27 Juni 2016

Pendidikan Kedokteran Harus Berjalan Dinamis

SHARE
wagub lampung bactiar basri sempatkan foto bersama dengan rombongan fakultas kedokteran unila usai beraudensi

BANDAR LAMPUNG : Pendidikan kedokteran merupakan suatu proses yang berjalan dinamis dan terus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.
Demikian disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran UNILA saat audensi dengan wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri di ruang kerjanya, Senin (27/06/2016).
Dilanjutkan, pendidikan kedokteran bertujuan untuk menghasilkan dokter yang profesional sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Peraturan tentang sistem jaminan kesehatan di lndonesia menyebabkan pendidikan kedokteran perlu disesuaikan dengan tuntutan pelayanan dan kebutuhan masyarakat saat ini yang dikaitkan dengan sistem kesehatan dan sistem jaminan sosial kesehatan nasional.
Jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan bagian dari sistem jaminan sosial nasional yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan dasar kesehatan masyarakat yang layak.
Perkembangan ilmu pengetahuan secara umum, teknologi kedokteran secara khusus, teknologi pendidikan serta perubahan dalam sistem layanan kesehatan menyebabkan perubahan dalam proses belajar mengajar di pendidikan kedokteran.
Perubahan perubahan ini memicu inovasi inovasi baru dalam proses pendidikan mulai dari penyusunan kurikulum, proses mengajar hingga proses penilaian. Pembelajaran klinik merupakan sarana bagi mahasiswa kedokteran untuk menyempurnakan kompetensinya sebagai lulusan dokter yang profesional.
Pembelajaran klinik melibatkan berbagai jenis sarana dan metode pembelajaran. Dengan penerapan sistem JKN, keterbatasan sumber daya serta untuk mencapai tujuan dari pendidikan dokter itu sendiri maka perlu diperlukan inovasi inovasi dan penyebarluasan inovasi terbaru.(rilis)


SHARE

Author: verified_user

0 komentar: