Yustin Ficardo Wakili Indonesia pada Konfrensi Pecera di Thailand


BANDARLAMPUNG : Bunda PAUD Provinsi Lampung, Yustin Ridho Ficardo terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan anak usia dini di Provinsi Lampung.  Salah satu upaya dengan secara aktif menghadiri Konferensi PECERA. Tahun ini Konferensi yang dihadiri pemerhati anak dari berbagai negara digelar di Chulalongkorn University Bangkok-Thailand, pada pertengahan Juli ini.

Yustin Ridho Ficardo tercatat sebagai satu-satunya Bunda PAUD yang mewakili Indonesia. Keikusertaannya tercatat yang ketiga kali,  setelah sebelumnya PECERA digelar di Bali dan Sidney Australia.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, dalam kunjungan tersebut Bunda PAUD didampingi Asisten Bidang Kesra Ellya Muchtar, Sekretaris Bunda PAUD  Mungliana Susanto serta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Heri Suliyanto. 

Kehadiran Yustin Ridho Ficardo selama 3 kali berturut tersebut mendapat apresiasi dari President PECERA Dr. Betty Chan Po-king.

Dijelaskan, PECERA (Pasific Early Childhood Education Research Association) merupakan sebuah konferensi tahunan tentang pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi di negara yang berbeda .Tema konferensi ke-17 ini yaitu “Grow and Learn from Investing in Early Learning: Timing, Economics, and Efficiency.”

Bunda PAUD menyampaikan, banyak manfaat yang diperoleh dari konferensi terkait pendidikan dan tumbuh kembang anak usia dini. Selain mendapatkan informasi dan pengetahuan, juga mendiskusikan permasalahan tumbuh kembang anak baik dari aspek pendidikan, kesehatan, sosial dan sebagainya. Forum ini juga mendiskusikan solusi dari permasalahan yang ada .

"Dengan adanya pertukaran pemikiran dengan para pemerhati anak diberbagai negara, kita akan mendapatkan ide-ide kreatif guna meningkatkan kualitas anak usia dini dan pendidik di Provinsi Lampung," ujar Istri Gubernur Lampung ini.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu para peserta Konferensi juga berkesempatan untuk mengunjungi sejumlah sekolah/kindergarten (taman kanak-kanak) unggulan seperti Kornkaew Montessori School, La-orutis Demonstration School, Roong-aroon School, SatitPattana School dan  Tungmahamek School.

Asisten Bidang Kesra Ellya Muchtar menambahkan, PECERA didedikasikan untuk menyebarluaskan dan mendukung penelitian di bidang pendidikan anak usia dini di wilayah Pasifik.

Adapun tujuannya antara lain sebagai forum akademik di kawasan Pasifik untuk pengembangan dan penyebaran penelitian berkualitas tinggi dalam pendidikan anak usia dini. Selain itu memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi antara para peneliti di wilayah Pasifik yang bekerja di bidang pendidikan anak usia dini.

"PECERA juga memberikan kesempatan pengembangan profesional bagi mahasiswa dan sarjana muda, dengan demikian memberdayakan generasi berikutnya peneliti anak usia dini di kawasan Pasifik," terang Asisten.

Diharapkan hasil dari konferensi ini dapat diadopsi guna peningkatan kualitas pendidikan PAUD di Provinsi Lampung.


Terkait tujuan tersebut, sambung Asisten PECERA secara rutin menggelar konferensi tahunan dan pertemuan lainnya. Selain itu mensponsori jurnal penelitian, membangun jaringan Pacific peneliti dan akademisi serta terlibat dalam kegiatan lain dalam pendidikan anak usia dini. (Rilis)

Post a Comment

0 Comments