Pemprov Lampung Bangun Kota Terpadu Mandiri

BANDARLAMPUNG : Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Rapat Pengendalian Pelaksanaan dan Pelaporan Program Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) bidang P2MKT dalam rangka menciptakan sinkronisasi percepatan Pembangunan Daerah terutama Daerah Tertinggal dan Kawasan Transmigrasi di Hotel Emersia, Rabu (03/08/2016).
Dijelaskan Kabag Humas Pemprov. Lampung Heriyansyah, dalam sambutan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar mengatakan bahwa Pembangunan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Way Tuba ,Rawapitu dan Mesuji Timur saat ini adalah merupakan pengembangan kawasan potensial dengan basis pedesaan sebagai pusat pertumbuhan yang ditransformasikan menjadi kota yang berbasis pertanian dan menjadi pusat layanan / jasa kegiatan sosial serta ekonomi termasuk administrasi pemerintahan di wilayah tersebut dan sekitarnya.
"Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi merupakan tindak lanjut perwujudan dari cita-cita Pembangunan Nasional tentunya hal ini menunjukkan keberhasilan yang menggembirakan meskipun sebagian masih perlu ditingkatkan bahkan memerlukan program rehabilitasi", jelasnya.
Lebih lanjut Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo melalui Asisten Bidang Kesra Elya Muchtar berharap Rapat pengendalian pelaksanaan dan pelaporan program Pengembangan Kawasan Tansmigrasi (PKTrans) bidang P2MKT hari ini melalui kegiatan Ketransmigrasian yang akan dan telah dilaksanakan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat menciptakan sinkronisasi percepatan Pembangunan Daerah, terutama daerah tertinggal dan Kawasan Transmigrasi.
"Kami mengapresiasi kepada Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Transmigrasi pada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI yang telah mengalokasikan anggaran Tugas Pembantuan APBN tahun 2016 kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Kabupaten Way Kanan, Tulang Bawang dan Mesuji. Diharapkan hal ini dapat menjadi bagian dari upaya mendorong percepatan Pembangunan Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat di Provinsi Lampung", ujarnya.
Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumiyati Somad menyebutkan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah dalam rangka mengembangkan pemukiman dan pemberdayaan Masyarakat Transmigrasi yang mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri dan berkelanjutan sehingga terbentuk pusat-pusat produksi dan perekonomian, mempercepat pertumbuhan wilayah dengan mempertahankan kelestarian lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Selain itu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan gambaran bagi setiap jajaran unit kerja yang terkait tentang rencana kegiatan dan kebijaksanaan yang akan dilaksanakan serta terlaksananya kegiatan dalam perencanaan kegiatan dan pengendalian program.
"Kegiatan ini diharapkan mampu mencapai sasarannya guna meningkatkan kualitas SDM melalui pembinaan dan pemberdayaan warga transmigrasi serta meningkatkan pendapatan masyarakat transmigrasi di lokasi pemukiman transmigrasi", jelasnya.
Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah dalam acara ini turut hadir jajaran dari Direktorat PKTrans Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI serta Dinas Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Tulang Bawang, Mesuji dan Pemerintah Provinsi Lampung.(rilis)

Post a Comment

0 Comments