IPB Berikan Gelar Doktor Kehormatan kepada Fauzi Toha

 
Bandar Lampung : Muhammad Fauzi Toha yang juga merupakan Ayah dari Gubernur Lampung Ridho Ficardo diberi gelar Doktor Kehormatan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), atas kontribusinya terhadap pengembangan industri gula nasional.

Hal tersebut dijelaskan oleh Pihak IPB pada Konfrensi Pers yang digelar Jumat (11/11/2016) di IPB. Dijelaskan Pihak IPB, Dasar pemberian gelar kepada Fauzi Toha atas pengembangan Ilmu keteknikan pertanian dan atas pengabdian diri Fauzi Toha selama 40 tahun mengembangkan Industri gula, sehingga IPB memberikan Gelar Doktor Kehormatan kepadanya.

Selain itu, Fauzi Toha dinilai bisa mengembangkan industri gula di luar pulau jawa dimana dulu mitosnya hanya bisa dikembangkan dengan baik di Pulau Jawa. 
 
Ditambah, dari sisi mekanisme, Fauzi Toha melakukan inivasi dengan menciptakan kendaraan angkut tebu yang kemudian disebut road train (semacam truck gandeng) dimana kendaraan tersebut memiliki daya angkut 60 ton dalam sekali angkut, dan kendaraan ini mampu mengahatarkan tebu ke pabrik pengolahan dengan cepat dan efisien dari kebun ke pabrik agar tidak terlambat sehingga kadar rendemen tetap bagus. 
 
Apa yg dilakukan Fauzi Toha, dianggap sejalan dengan semangat pemerintah yang ingin mencapai swasembada gula.  

Dr HC atau Doktor Kehormatan yang diberikan kepada Fauzi Toha adalah yg ke 6 yang diberikan IPB, dan ini adalah Gelar Doktor untuk alumni IPB yang pertama. Sehingga Fauzi Toha yang merupakan alumnus IPB, menyandang alumni IPB pertama yg mendapat penganugerahan Doktor Kehormatan. 
 
Untuk memberikan gelar ini IPB mengaku melakukan proses dan penilaian yang cukup lama, yakni prosesnya sekitar 5 Tahun melakukan penilaian hingga akhirnya  IPB memberikan gelar ini. Sehingga, memang bisa dikatakan cukup ketat dan selektif gelar ini diberikan kepada seseorang, termasuk kepada 
Fauzi Toha sang perintis budidaya tebu di lahan kering.

Direncanakan, penganugrahan dilakukan besok di Aula Rektorat Kampus IPB, Bogor. Fauzi Toha pun akan mengikuti sidang terbuka dan menyampaikan orasi ilmiahnya, berjudul: "Perancangan Sistem Agro Industri Berbasis Tebu". Sang putra, Gubernur Lampung Ridho Ficardo juga direncanakan hadir langsung menyaksikan penganugrahan tersebut. (rilis)

Post a Comment

0 Comments