TNWK Menuju Destinasi Wisata Dunia


Bandar Lampung : Pemerintah Provinsi Lampung terus menggenjot berbagai upaya dalam rangka menjadikan Taman Nasional Way Kambas menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Dunia. 

Hal ini terbukti dari dilaksanakannya Seminar Nasional "Ayo ke Taman Nasional Way Kambas" yang diselenggarakan di Ruang Abung Balai Keratun, Selasa (15/11/2016).

Diinformasikan oleh Kabag Humas Pemprov. Lampung Heriyansyah, dalam sambutan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono menjelaskan, Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu kawasan konservasi yang terletak di Provinsi Lampung yang dikenal sebagai habitat hutan hujan dataran rendah terakhir di Sumatera yang masih memiliki satwa langka dan terancam punah seperti badak sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, tapir dan beruang madu.

Selain itu Taman Nasional Way Kambas kaya akan potensi alamnya baik itu potensi jenis tumbuhan maupun potensi alam lingkungannya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan dan penelitian serta untuk tujuan wisata alam. Sehingga kedepan diharapkan dapat diwujudkan menjadi salah satu Destinasi Wisata Dunia.

Apalagi menurutnya Gubernur Lampung telah mencanangkan 3 (tiga) program besar terkait perekonomian Lampung yakni menetapkan Lampung sebagai daerah Ketahanan Pangan, Menetapkan Kawasan Industri dan mengembangkan Sektor Jasa dan Pariwisata sebagai salah satu daya ungkit perekonomian Lampung.

Untuk itu dalam rangka menyukseskan ketiga program tersebut, jajaran Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya melakukan percepatan terkait program unggulan di sektor pertanian, industri serta jasa dan pariwisata salah satunya dengan melaksanakan Seminar Nasional "Ayo Ke Taman Nasional Way Kambas" yang dilaksanakan hari ini.

"Kami berharap berbagai program unggulan dalam rangka menjadikan Taman Nasional Way Kambas menjadi Destinasi Wisata Dunia mulai digencarkan pada 2017 mendatang dan diharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut. Kami berharap ini dapat berhasil karena sinergitas dan kerjasama kita semua yang ada disini", tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Panut W mengatakan, penyelenggaraan Seminar Nasional "Ayo Ke Taman Nasional Way Kambas" ini dilakukan sebagai bagian kerjasama dari Pemerintah Provinsi Lampung dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Taman Nasional Way Kambas, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur serta jajaran instansi terkait lainnya dalam rangka menyamakan persepsi dan dukungan untuk Taman Nasional Way Kambas ke arah yang lebih baik lagi yakni menjadi salah satu Destinasi Wisata Dunia.

Lebih lanjut pihaknya juga berharap dengan dilaksanakannya Seminar Nasional ini dapat memotivasi para pelaku usaha untuk dapat berpartisipasi dalam membuat paket-paket wisata dan souvenir yang berkaitan dengan Taman Nasional Way Kambas sehingga menjadi salah satu daya ungkit bagi perekonomian Lampung.

"Kami berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan berbagai pihak terkait dalam rangka mendukung Way Kambas menjadi Destinasi Dunia yang pada akhirnya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Way Kambas dan juga objek wisata lainnya di Provinsi Lampung", ujarnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Way Kambas. 

Dalam acara ini turut diselenggarakan diskusi dengan menghadirkan nara sumber dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Taman Nasional Way Kambas, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan Kepala BI Perwakilan Lampung. 

Turut hadir dalam acara ini anggota fokorpimda Provinsi Lampung, Rektor Universitas berbagai Perguruan Tinggi di Lampung, pemerhati lingkungan, pelaku usaha pariwisata serta instasi terkait di sektor jasa dan pariwisata di Provinsi Lampung.(rilis)

Post a Comment

0 Comments