Pemkab Lamteng Ajukan Anggaran ke Pusat Untuk Bangun Pasar Kampung


Lampung Tengah : Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah berencana mengajukan anggaran ke pemerintah pusat untuk membangun puluhan pasar kampung yang ada di Lampung Tengah.

Bupati Lamteng DR. Ir. Mustafa menegaskan Pembangunan pembangunan Pasar Seputihmataram, Pasar Rumbia dan sejumlah pasar lainnya adalah wujud komitmen pemerintah menggerakkan perekonomian Lamteng. Saat ini Pemkab juga tengah menyelesaikan pasar lainnya, seperti Bandarjaya, misalnya juga  dalam proses pembangunan.

Tak hanya pasar daerah, pasar-pasar kampung menurut Bupati Mustafa, juga merupakan pusat- pusat perekonimian di tingkat kampung, yang harus diperhatikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kampung.

Pemkab  mengajukan anggaran ke Kementrian perdagangan untuk membangun pasar-pasar kampung.
Sebagai contoh salah satunya adalah pembangunan 25 kios di pasar Kampung Gedung Sari, Kecamatan Anak Ratu Aji Kabupaten Lampung  Tengah.

"Di Lampung Tengah ada puluhan pasar kampung. Kalau sedikit demi sedikit bisa dibangun semua, perekonomian di tingkat kampung akan membaik. Sebab petani tak perlu jauh-jauh menjual hasil pertaniannya," kata Bupati.

Pasar, lanjut Mustafa bakal merangsang pertumbuhan ekonomi di semua tingkat masyarakat di wilayah tersebut. Langkah ini merupakan salah satu program pemerintah untuk membangun ekonomi lokal.

“Pasar kampung berperan penting dalam penggerak ekonomi rakyat. Kehadiran pasar diharapkan bisa semakin menggeliatkan perekonomian warga. Tak hanya focus fisik, tetapi juga dibangun manajemen yang professional,” ungkapnya.

Dia menambahkan, mulai pertengahan tahun 2016 Pemkab Lamteng membangun  Pasar Kampung yakni, di Kecamatan Seputih Surabaya, Putra Rumbia, dan Gaya Baru.

"Tahun 2017 kami ajukan pembangunan untuk puluhan pasar kampung. Pengembangkan pasar tradisional di kampung akan terus dilakukan dengan harapan mampu mendukung menggerakkan ekonomi masyarakat setempat," pungkasnya.
Sejumlah pedagang mengakui dengan perbaikan dan penataan pasar yang digalakkan membuat pengunjung pasar lebih banyak dan lebih betah berbelanja. Dampaknya langsung dirasakan oleh para pedagang.

Misalnya, seorang pedagang sembako di Pasar Seputihmataram yang mengaku bernama Sumirah mengatakan pembeli semakin banyak berkunjung ke tempatnya berjualan sejak pasar dibangun.

"Sekarang makin laris. Terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah mendorong pembangunan pusat perekonomian seperti pasar kami," kata dia.

Pedagang lain, di Pasar Rumbia, Nuryanto, mengatakan pembangunan pasar diharapkan memberi dampak positif bagi pedagang. "Penampilan pasar yang bagus akan menarik pembeli. Jadi pedagang lebih laris," kata dia.

Pasar-pasar yang sedang dan telah dibangun.
1.    Pasar Bandarjaya.
2.    Pasar Gedungsari Kecamatan Anak Ratuaji.
3.    Pasar Wates.
4.    Pasar Seputihagung.
5.    Pasar Seputihmataram.
6.    Pasar Rumbia.

Post a Comment

0 Comments