Perayaan Hari Raya Nyepi Polisi Lakukan Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh.

polisi lakukan pengamanan pawai ogoh-ogoh 

WAYKANAN, KI - Jajaran Kepolisian Resort Way Kanan melakukan pengamanan pawai ogoh-ogoh di Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan. Pawai tersebut diikuti ribuan umat hindu setempat.

Upacara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939. Tahun Baru Saka tonggak peringatan atas kejayaan hidup dan sekaligus hari toleransi, membangun harmoni, persaudaraan sejati dan introspeksi atas tindakan yang telah dilakukan selama hidup.

Keyakinan umat hindu ogoh-ogoh merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia. Kemudian tradisi ini sendiri dapat mengingatkan masyarakat bali khususnya. 

Selain itu, dalam pelaksanaannya ogoh-ogoh diarak keliling desa bertujuan agar kekuatan negatif yang ada di sekitar desa ikut bersama ogoh-ogoh. Disisi lain ada pula ritual minum arak, bagi orang yang mengarak ogoh-ogoh hal ini dianggap sebagai perwakilan dari sifat buruk yang ada di dalam diri manusia. 

Menurut umat hindu, beban dari berat yang mereka gendong adalah sebuah sifat negatif, seperti cerminan sifat-sifat raksasa, ketika manusia menyadari hal ini. 

Kapolres Way Kanan AKBP Yudy Chandra Erlianto S.Ik,MH melalui Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto menerangkan, pengamanan rute pawai tersebut dilaksanakan sepanjang jalan kampung. Kemudian titik bertemu dipertigaan kampung bali sadhar utara untuk melakukan atraksi ogoh - ogoh. 

"anggota yang bertugas untuk menjaga ketertiban, kelancaran dalam pengamanan sudah berada dilokasi mulai dari jam 16.00 wib hingga selesai pelaksanaan tidak ada yang meninggalkan tempat tugasnya," ujar Kapolres, senin (27/3)

Kapolres mengimbau kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat beserta masyarakat dan pecalang untuk tetap menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat agar tetap kondusif. Hal itu supaya dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di wilayah hukum Polres Way Kanan.(rls)

Post a Comment

0 Comments