Mungkinkah Tim Saber Pungli Kehilangan Komitmen dan Konsistensi ? Mampukah Bongkar Dugaan Pungli di BKD Lampung Tengah.


Ilustrasi Pungli dan Jual Beli Jabatan

LAMPUNGTENGAH, KI - Bagi sebagian kalangan, langkah terbaru Presiden membentuk tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), dengan tugas awal menginventarisasi persoalan dan menindak tegas praktik pungli di kementerian/lembaga, BUMN termasuk dipemerintahan Provinsi dan kabupaten/Kota Se-Indonesia akankah di anggap sebagai langkah kecil dan kurang bermanfaat. Bahkan terdapat pendapat sinis yang menamainya dengan langkahamatiran dan recehan.

Namun bagi saya, langkah kecil ini sangat bermanfaat dan memiliki makna penting bagi msyarakat dan bangsa. Apalagi kita ketahui bersama bahwa pungli itu nyata dan riil banyak terjadi dimanapun berada. 

Apalagi, tugas Satgas Saber Pungli ini menurut saya tidak terlalu susah karena praktik pungli bisa dengan mudah kita lihat dimana-mana. Tim ini tidak perlu susah-susah menginventarisir praktik pungli, karena memang nyata, jadi tinggal eksekusi Operasi Tangkap Tangan (OTT) saja.

Namun apakah benar, tim Saber Pungli ini punya keinginan? Punya nyali? Dan Punya tekad yang kuat? Dan akan berhasil? Tunggu dulu, karena kita ketahui bersama bahwa pungli itu merupakan kesepakatan bersama yang tidak tertulis namun nyata dipraktikkan.

Saya berkeyakinan hampir 80%, praktik pungli terjadi hampir di seluruh kementrian dan lembaga dan institusi lainnya yang ada di negeri ini. Ibaratnya sudah menjadi rahasia umum sehingga bukan rahasia lagi.

Namun demikian, saya belum yakin tim ini dan seluruh satgas anti pungli ini punya “banyak nafas”, Komitmen dan konsistensi, untuk terus menggelar razia dan operasi praktik pungli ini karena berbagai alasan. Mungkin di antaranya adalah, omzet praktik pungli ini sangat besar dan menjadi lumbung rejeki oknum-oknum tertentu. Saya kira mereka tidak akan semudah ini merelakan “ladang rejeki mereka” hilang begitu saja. 

Mereka pasti akan berusaha melakukan perlawanan dan bahkan melakukan inovasi praktik pungli yang tidak terlalu mencolok.

Kemudian bekingan praktik pungli sangat kuat. Kehadiran praktik pungli dipastikan karena adanya dukungan “bekingan” dari aparat terkait dan bahkan aparat keamanan yang secara tidak langsung memberikan jaminan “keamanan dan kenyamanan” praktik pungli ini. 

Tak jarang ketika akan dilakukan razia misalnya maka mereka sudah tahu duluan, semua itu karena adanya informasi dari pihak internal yang bermain.

Kuat tidaknya dukungan pimpinan untuk tim Saber Pungli ini. Kesuksesan kerja dan kinerja tim ini sangat bergantung kepada kuat tidaknya dan konsisten atau tidaknya pimpinan dalam mendorong  dan memberi jaminan atas kinerja tim ini. Seperti biasa, kerja sebuah tim satgas biasanya “hangat-hangat tahi ayam” alias inkonsisten

Maka dari itu, kesuksesan tim Saber Pungli ini tergantung kepada kemampuan mengatasai ketiga hal di atas. selain itu, keseriusan dan konsistensi kerja tim ini harus selalu dipantau setiap saat.

Di tengah munculnya banyak keraguan atas kehadiran tim ini, saya tetap optimis seraya berharap, tim ini tidak menjadi sekedar“Barang Pajangan” semata yang sedap dipandang saja, namun tidak bisa dirasakan manfaatnya. 

Semoga Tim Saber Pungli ini lagi-lagi tidak kehilangan Komitmen, konsistensi dan nafasnya, untuk menindaklanjuti seperti hal dugaan Pungli di Kabupaten Lampung Tengah dibawah kepemimpinan Bupati Mustafa berdasarkan laporan staff dan pejabat struktural dilingkungan Pemkab Lampung Tengah, H Ahmad Jauhari, SE.M.Si kepada Ketua Tim Sabar Pungli Irwasum Mabes Polri tertanggal 3 januari 2017, Gunung Sugih.(WENDRI WAHYUDI)

Post a Comment

1 Comments