10 Mei 2017

KUBE Srikandi Lestarikan Batik Tulis Lampung

SHARE
Masyarakat Melestarikan Kerajinan Batik Tulis Lampung
BANDARLAMPUNG, KI - Dalam upaya memajukan ekonomi kreatif di Lampung, Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Srikandi memilih fokus pada usaha melestarikan Batik Tulis Lampung. 

Pengembangan keterampilan individu masyarakat itu kini menjadi daya tarik bagi pengusaha lokal untuk menjalin kemitraan kerja untuk memperluas pasar dalam upaya mengenalkan batik dengan motif dan ciri khas Lampung.

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Srikandi Batik Tulis Lampung berada di Jl. Merpati 2 No. 23 Rt. 04 Lk. I Kel. Pinang Jaya Kec. Kemiling - Bandar Lampung.

"Berawal dari desakan ekonomi keluarga dan keinginan untuk mandiri maka munculnya inisiatif membuat kelompok usaha bersama ini, dari dasar itulah kami membentuk usaha bersama yang diberi nama Kelompok Batik Tulis Lampung Srikandi," kata Muslihah, rabu (10/5)

Sekretaris KUBE itu menambahkan, upayanya mengenalkan batik keseluruh masyarakat di Tanah Air tentu dengan menjelaskan bahwa batik tulis Lampung memiliki motif tersendiri. Hal itu menyesuaikan kebutuhan fashion namun tetap membawa trend tradisional Lampung. 

"Kelompok usaha ini merupakan upaya kami agar bisa memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Disamping itu juga dapat membangun ekonomi mandiri, kreatif serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar," imbuh ya

Menurut Muslihah, batik tulis sudah menjadi warisan dari nenek moyang (leluhur) terdahulu. "kemarin saja Indonesia sudah kecolongan, jadi batik tulis yang menjadi ciri khas Indonesia sudah di klaim sama Negara Malaysia. Nah maka dari itu, batik Lampung harus dilestarikan dan dikembangkan," kata dia

Selanjutnya, Andri mengatakan, masyarakat Pinang Jaya memiliki banyak potensi seperti kerajinan batik tulis. Potensi tersebut harus dikembangkan oleh masyarakat dalam mewujudkan ekonomi kreatif.

"Sebenarnya dengan dibentuknya kelompok usaha ini dapat mempermudah akses pasar. Juga bisa mengembangkan produk batik itu sendiri dengan inovasi produknya, serta upaya membantu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," tutur Andri.

Dijelaskan Andri, KUBE dapat mengikuti event bazaar yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung di Mall Boemi Kedaton (MBK). Gelaran tersebut dilaksanakan pada 18 Mei 2017 mendatang yang akan dibuka dengan kegiatan work shop batik tulis lampung.(Md)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: