20 Mei 2017

Terinspirasi Saat di Jepang, Mahasiswa UBL Rintis Radio Daigaku

SHARE

(kiri) Mahasiswa Arsitektur UBL, Jamaludin.

BANDARLAMPUNG, KI – Mahasiswa Universitas Bandar Lampung (UBL) tidak selalu identik dengan gaya hedonis atau bukan pula hanya bisa demonstrasi baik yang mengerti apa yang didemo maupun yang hanya ikut-ikutan demo dengan kata lain hanya memperpanjang barisan massa saja. 

Namun khusus mahasiswa program studi arsitektur ini memiliki kegiatan positif yakni kreatifitas dalam bidang komunikasi dan penyiaran.

Jamaludin, begitu nama lengkapnya. Ia terpilih berangkat ke Jepang dalam pertukaran pelajar belum lama ini karena prestasinya. Jamal menceritakan, saat berada di Jepang bertemu dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang sudah memiliki channel Radio.

"sewaktu saya di Jepang bertemu dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) nah mereka ternyata punya radio sendiri. Kemudian saya sharing dan berdiskusi mengenai radio mereka lalu setelah kembali ke Indonesia saya mulai merintis radio streaming yang saya beri nama Radio Daigaku FM," ujar Jamaludin saat berkunjung ke kopiinstitue.com, sabtu (20/5)

Nama Daigaku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya kampus. Oleh karena itu radio milik Jamal diberi nama Daigaku.

Ide tersebut juga diakuinya berawal dari hobinya dalam seni komunikasi massa sehingga menuntunnya menemukan perangkat yang dapat menyalurkan hobi dalam sebuah aplikasi Sam Broadcaster.

"senang bisa berbagi informasi, cerita, sharing secara santai. Melalui aplikasi ini paling tidak bisa bermanfaat bagi semua," terang dia

Jamal menambahkan dirinya menggunakan aplikasi SAM BROADCASTER untuk streaming (radio online kemudian melalui aplikasi itu ia menyalurkan suara ke para pendengar (publik) melalui laptop.

“ini lebih memudahkan untuk para pendengar karena para pendengar dan bisa langsung mengakses melalui situs website Daigaku.Caster.Fm. setelah itu, langsung dapat mendengarkan streaming radio yang sedang disiarankan langsung," tutur Jamal.

Untuk para pendengar, lanjutnya, dengan mengakses siaran langsung Daigaku.Fm maka berbagai macam acara menarik dapat didengar tentu informasi terupdate, cerita menarik, sharing secara asik, dan musik favorit hits Indonesia dan mana negara.(Md)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: