Pemprov Lampung Bantu Kemenhub Sukseskan Balik Mudik Gratis Lampung-Jakarta.

Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat memimpin apel pasukan mempersiapkan arus mudik dan arus balik tahun 2017. (Foto:Humas Pemprov)
BANDARLAMPUNG, KI - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo membantu program mudik gratis tahun 2017 atau (1438H) dari Pelabuhan Panjang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam pelaksanaannya, Gubernur memerintahkan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Polda Lampung, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membantu tersebut. Pemprov membuka posko di Terminal Rajabasa, Bandar Lampung untuk tempat pendaftaran.

"Alhamdulillah berkat koordinasi ke pusat, Lampung tahun ini mendapat kuota 2.000 tiket balik gratis dari Pelabuhan Panjang. Pemprov membuka posko di Terminal Rajabasa, agar memudahkan pendaftaran. Silakan manfaatkan posko itu agar lebih aman dan nyaman kembali ke Jakarta," kata Gubernur Ridho di Bandar Lampung, Kamis (29/6).

200 tiket disediakan khusus pendaftar yang datang langsung ke Terminal. Sementara bagi pendaftar yang memilih via SMS dapat mendaftar ke 081293931000 dan contact center Kemenhub 021-191.

Gubernur berharap pemudik dapat memanfaatkan fasilitas selama dalam perjalanan yakni dua kali makan gratis. Selain kuota 2.000 tiket itu, disediakan juga kuota 4.000 tiket penumpang sehingga dapat diasumsikan satu motor ditumpangi minimal dua penumpang, total tiket penumpang yang disediakan sebanyak 4.000.

Pantauan di Posko Mudik Pemprov Lampung Terminal Rajabasa, hingga Kamis (29/6/2017) sore, dari kuota 200 tiket gratis yang disediakan, 98 di antaranya dipesan sebagai tiket pulang pergi.

"Jadi, sisanya masih ada 102 tiket. Silakan mendaftar melalui Posko Dinas Perhubungan Pemprov Lampung di Terminal Rajabasa. Kalau 102 tiket itu habis, pendaftaran ditutup," ujar Kepada Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan.

Pemudik direncanakan akan berangkat menggunakan KMP Jatra III, pada Minggu (2/7/2017), pukul 17.00 Wib.

"Pendaftaran dibuka sejak 29 hingga 30 Juni 2017. Bagi pemudik yang terdaftar, silakan langsung menuju Pelabuhan Panjang pada waktu keberangkatan," sambung Qudrotul Ikhwan.

Selain di Terminal Induk Rajabasa, Pemprov Lampung juta membuka posko mudik sejak H-10 hingga H+15 sejumlah posko di depan Masjid Agung Al Muhajirin, Jalan Soekarno-Hatta No.2, Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

Pemilihan lokasi posko ini karena memiliki tempat parkir luas milik Masjid Agung Al Muhajirin. Selain itu, lokasi dipilih karena dekat RM Trans Jaya 2 dan di depan pusat oleh-oleh khas Lampung.

Hal itu menurut Qudratul Ikhwan dapat berfungsi sekaligus rest area bagi pemudik. Di dalamnya juga terdapat dua ruang tempat tidur pria dan wanita.

Fasilitas meliputi televisi, satu set kursi tamu, alat komunikasi, petunjuk perjalanan, dan dispenser air minum.

"Tempat tidur pria dan wanita sengaja dipisah agar nyaman beristirahat," kata Qudratul Ikhwan.(Humas Prov)

Post a Comment

0 Comments