Sayangi Keluarga, Berbukalah Dengan Yang manis tapi Hindari Manisan ini.


Ilustrasi Makanan 
KOPIINSTITUE.COM - Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk pencernaan. Namun manfaat ini tidak akan diperoleh jika anda memiliki kebiasaan makan yang buruk di bulan puasa. Kesalahan dalam memilih makanan berbuka dan sahur, malah dapat menghilangkan manfaat puasa terhadap kesehatan. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari Hello Sehat.
Pertama, hindari makanan yang mengandung minyak tinggi sulit dicerna oleh tubuh, terutama jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebaiknya mengganti makanan berminyak dengan makanan yang lebih sehat agar pencernaan tetap sehat selama puasa. 
Makanan atau minuman manis akan lebih cepat dicerna, dan hal itu akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar. Gunakan pemanis alami seperti madu atau gula dari tebu atau makanlah buah-buahan untuk pengganti makanan atau minuman manis.
Kedua,karbohidrat akan berubah menjadi gula dan akan bereaksi pada tubuh Anda setelah Anda selesai makan. Mengandalkan makanan karbohidrat olahan untuk energi, terutama saat sahur, dapat menyebabkan lonjakan insulin dan kenaikan berat badan, terutama di sekitar hulu hati. Jika Anda memakan karbohidrat, akan sangat baik untuk mengimbanginya dengan makanan kaya akan protein. 
Kmudian,supaya tetap fit selama berpuasa jangan langsung tidur setelah sahur karena dapat menimbulkan masalah pencernaan.Hal itu karena tubuh akan bekerja keras mencerna makanan saat tubuh berada dalam mode istirahat. Bahkan jika Anda tidak benar-benar tidur, sekadar berbaring di atas kasur atau sofa setelah makan saja bisa memicu gejala maag. Maag disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan, yang kemudian naik ke dada, bahkan ke tenggorokan.
meski diangap sepele, melewatkan sahur juga tidak sehat karna  dapat menyebabkan dehidrasi, bau mulut, dan masalah pencernaan. Bangun untuk sahur dan makan yang cukup akan memberi tubuh Anda energi hingga tengah hari. Makanan yang masuk saat sahur akan membantu tubuh Anda untuk mendapatkan nutrisi selama beberapa jam ke depan.
Selanjutnya yaitu godaan puasa biasanya akan melampiaskan lapar dan haus sehingga akan makan dan minum sesukanya. Nah kebiasaa ini juga dapat membahayakan kesehatan. Banyak orang makan dengan porsi besar saat berbuka dan sahur. Sebenarnya kebiasaan ini harus ditinggalkan. Berlebihan makan saat buka dan sahur, terutama yang mengandung karbohidrat dapat menyebabkan gangguan pada tubuh seperti muntah, diare, dan radang perut.
Terakhir,hindari minum teh atau kopi saat sahur akan mengakibatkan dehidrasi dan cepat menimbulkan rasa lapar. Kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat menyebabkan sakit kepala. 
Dr. Abed mengatakan dilansir dari TIMES INDONESIA bahwa orang yang berpuasa harus mengisi tubuhnya dengan air putih saat sahur maupun ketika berbuka untuk mengurangi dehidrasi. Namun, terlalu banyak minum air juga tidak baik, karena akan mencairkan asam lambung, menyebabkan kembung dan mengganggu pencernaan.(TI/KI) 

Post a Comment

0 Comments