Fight Crimes Wherever You Are. Sosok Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK.,MH.



Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK.,M.H

LAMPUNGTIMUR, KI – Pemimpin memiliki gaya kepemimpinan sendiri yang tentu berbeda dengan khas masing-masing. Begitu juga dengan kepemimpinan Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK.,MH. Kali ini, Kopiinstitute.com akan melihat sosok Kapolres secara ringan apa adanya.

Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno bersama Kapolres
Sebelum menjabat Kapolres Lampung Timur, Yudy menjabat Kasubdit Indagsi Direskrimsus Polda Lampung dilanjutkan sebagai Kapolres Way Kanan. Salah satu kasus yang berhasil diungkap kala itu cukup menghebohkan yakni kasus distributor mainan anak non-SNI. Kasus ini kami telusuri mulai dari proses di Kepolisian hingga persidangan dengan vonis cukup tinggi kepada pelaku di PN Tanjung Karang.

Jajaran Polres Lampung Timur
Demikian juga ketika menjabat Kapolres Way Kanan. Tanggapan positif masyarakat serta sejumlah jurnalis yang diminta melihat sosok Yudy pun mengatakan informasi positif terkait kinerja Polres serta upaya-upaya pendekatan ke Masyarakat.

Sejak bertugas di Lampung Timur menggantikan AKBP Harseno, AKBP Yudy Chandra memperlihatkan komitmennya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Wilayah Hukum Lampung Timur.

Alhasil Jajaran Polres sampai tingkat Polsek seolah berlomba mengungkap kasus serta menjaga keamana di Kabupaten yang dahulu cenderung rawan tindak kriminalitas.

Pandangan ini tentu dapat bernilai subyektif dan obyektif karena Kopiinstitute belum menyertakan data-data ungkap kasus beserta perbandingannya. Namun tentu dalam tulisan ini tidak disertakan dengan alasan topik yang diangkat berkaitan dengan sosok Kapolres. Sementara untuk keberhasilan ungkap kasus terlalu prematur jika dinilai saat ini karena baru menjabat.


Polisi di Lingkungan Polres Lampung Timur pun menilai sosok Kapolres sangat tegas, berdedikasi serta memiliki disiplin yang tinggi. Dalam sejumlah wawancara tak banyak yang ingin disebutkan namanya namun ditarik kesimpulan mengatakan sosok Yudy merupakan sosok teladan.

“Bapak (Kapolres) itu bagus bang, dia disiplin dan tegas,” kata anggota Satlantas Polres Lampung Timur ini yang sebelumnya menjadi ajudan Kapolres AKBP Harseno.

Kapolres bersama Wakapolres Lampung Timur.
Polres juga dalam Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Krakatau 2017 memperlihatkan komitmen dalam tugas mengayomi masyarakat yakni dengan melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan Terhadap Kenakalan Remaja, Premanisme dan Daerah Rawan Konflik.


Kapolres menjelaskan dalam suatu acara.
“Ya Kapolres sekarang denger-denger dari warga yang lain bagus sih. Sama lah kayak masa Pak HArseno (Kapolres sebelumnya yang kini bertugas di Mabes Polri). Curas, Narkoba sudah gak kayak dulu-dulu. Kami juga kalau pulang kampong dari Banda Lampung ke lampung Timur juga gak takut-takut lagi,” ujar Yuda Sapura, seorang Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Bandar Lampung asal Lampung Timur, Minggu (30/7) sore.

Dari sisi masyarakat pun demikian memandang kepemimpinannya. Sisi lain diluar tugas kepolisian ternyata sosok Kapolres memiliki hobi olahraga dan musik yakni Musik Band . Disamping itu juga sosok yang peduli anak buah, terlihat pada saat salah satu anak Kapolses di Lampung Timur mengalami kecelakaan tak menunda waktu meski menurut anak buahnya Yudy baru tiba di Lampung Timur namun langsung menjenguk anak Kapolsek tersebut.


Keluarga Kapolres

Untuk sisi keluarga, Kopiintitue.com tidak menggali informasi terkait situasi serta kondisi keluarga Kapolres. Juga tidak melakukan penelusuran melalui wawancara tapi menurut informasi rekan-rekannya yang kenal, juga dilihat dari sejumlah dokumen foto yang berhasil dihimpun terlihat suasana hangat dan harmonis tercipta dalam keluarga Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra Erlianto, S.IK.,MH.(Wendri Wahyudi)

Post a Comment

0 Comments