Pesawaran Launching Penyaluran Bantuan Sosial.

Launching Penyaluran Bantuan Sosial
PESAWARAN, KI - Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran melaksanakan launching perdana penyaluran bantuan sosial (bansos) non tunai PKH tahap 1 tahun 2017 di Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Sebanyak 1.381 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH mulai Kamis kemarin dapat mencairkan bantuan PKH tersebut. Launching terselenggara berkat kerja sama antara Dinas Sosial Pesawaran dengan Area Manager Bank Mandiri Bandar Lampung sebagai lembaga penyalur yang di tunjuk oleh Kementerian Sosial RI.

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Sosial Pesawaran Yulizar, Kanwil Bank Mandiri Sumatra II Aribowo, Area Manager Mandiri Bandar Lampung Jan Winston Tambunan, Kepala Cabang Mandiri se-Provinsi Lampung, serta perwakilan Koordinator PKH Kabupaten se-Lampung.

Kadis Sosial Pesawaran dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah memberi kepercayaan kepada Kabupaten Pesawaran sebagai lokasi uji coba sekaligus launching perdana penyaluran bansos PKH se-Provinsi Lampung melalui Bank Mandiri.

Tentunya kegiatan penyaluran bantuan ini telah dinanti-nanti oleh 1.381 KPM di Kecamatan Tegineneng. Kami berharap segera menyusul penyaluran di kecamatan lain.

Data yang kami terima, pada tahap 1 ini akan disalurkan bantuan PKH sebesar Rp. 6.680.500.000 kepada 13.361 KPM se-Pesawaran. Tentunya kami berharap uji coba ini lancar dan dapat segera dimanfaatkan KPM, pungkas Yulizar.

Area Manager Bank Mandiri Bandar Lampung pada kesempatan tersebut menuturkan bahwa bantuan yang akan disalurkan pada tahap I sebesar  Rp. 500.000 per-KPM. Sebagaimana prosedur penyaluran non tunai PKH, KPM yang akan melakukan pengambilan bantuan akan melalui empat tahapan sebelum penarikan bantuan.

Pertama adalah pembukaan rekening bansos dengan melampirkan KTP, kemudian dilanjutkan penyerahan buku tabungan, pin dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari petugas Bank Mandiri kepada masing-masing KPM, ketiga melakukan cek saldo bansos, serta penarikan bansos sesuai kebutuhan KPM, dan ke-empat penyerahan bukti transaksi/struk dari petugas Bank kepada KPM, pungkas Winston.

Korwil PKH Provinsi Lampung 2 Slamet Riyadi yang juga turut hadir dalam kesempatan tersebut mengaku optimistis bahwa penyaluran bansos PKH melalui Bank Mandiri pada sembilan Kabupaten se-Provinsi Lampung dengan jumlah 133.114 KPM pada tahap 1 tahun 2017 akan berjalan baik dan lancar.  

Berdasarkan pengamatan saya saat launching kemarin, beberapa kendala yang muncul diantaranya masih ada KPM yang tidak memiliki E-KTP, terdapat perbedaan identitas pada KK dan KTP, bahkan ada KPM yang meningal dunia. Namun ketentuan PKH telah mengatur prosedur perbaikan atas kendala tersebut, pungkas Slamet.

Post a Comment

0 Comments