335 Kades Ikuti Sosialisasi TP4D Kejari Menggala.

Kajari Menggala Ansari, SH. M.Hum sedang menjelaskan tentang penggunaan Dana Desa kepada 335 Kepala Desa dari Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan Mesuji.
TULANGBAWANG, (Kopiinstitute.com) - Sebanyak 335 Kepala Desa (Kades) mengikuti sosialisasi mengenai penggunaan Dana Desa di Kejaksaan Negeri Menggala, Tulang Bawang. Para Kades berasal dari tiga kabupaten yakni Kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Mesuji.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Menggala Ansari, SH.M.Hum mengatakan, sosialisasi digelar serentak di Kejari seluruh Indonesia termasuk Kejari Menggala. “Kita menyosialisasikan mengenai penggunaan dana desa kepada para Kepala Desa supaya dapat melaksanakan pembangunan dengan baik tanpa ada pelanggaran hukum sehingga penyerapan anggaran berjalan maksimal,” ujar Kajari Menggala Anshori, SH.M.Hum, Kamis (24/8/2017).



Kejari Menggala akan mengawal dana desa secara maksimal, selain itu pendampingan Jaksa kepada Kepala Desa juga dapat meminimalisir ketakutan dalam penggunaan anggaran. Sosialisasi juga terkait Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) mengusung tema "Sosialisasi mengawal dan mengamankan Implementasi Dana Desa".



Ditempat yang sama, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Menggala Bani Ginting mengungkapkan, para Kepala Desa begitu antusias mengikuti sosialisasi yang berguna sebagai acuan penggunaan dana desa.

“Para Kepala Desa sangat antusias mengikuti sosialisasi karena kan mereka butuh pendampingan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga kesalahan penggunaan anggaran,” kata Bani Ginting.

Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) memiliki tugas pokok dalam upaya mengoptimalkan penyerapan anggaran pengawalan dan pengamanan daerah meliputi pendampingan dan pendapat hukum dari tingkat perencanaan, pelaksanaan pembangunan, monitoring dan evaluasi sebagai upaya preventif dan pencegahan tindak pidana korupsi maupun dari segi refresif dalam rangka penindakan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Post a Comment

0 Comments