Jaksa Hadir Kawal Dana Desa. Kejari se Lampung Sosialisasi Penggunaan Dana Desa.

Jajaran Kejaksaan Tinggi Lampung, Kepala Kejati Syafrudin, Wakil Kajati Jaja Sebagja, Asisten Intelijen Leo Simanjuntak dan Kepala Kejari Bandar Lampung Hentero Cahyono.
BANDARLAMPUNG, (Kopiinstitute.com) – Kejaksaan Negeri (Kejari) se Lampung akan menyosialisasikan penggunaan dana desa kepada seluruh Kepala Desa (Kades) se Provinsi Lampung. Sosialisasi digelar terkait Jaksa Lampung hadir dalam mengawal dan mengamankan Dana Desa melalui Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Hal itu disampaikan Kepala Kejati Lampung Syafrudin melalui Asisten Intelejen Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Selasa (22/8/2017). “Kajari se Lampung melalui TP4D serentak akan mengundang dan mengumpulkan seluruh Kades untuk sosialisasi penggunaan dana desa,” kata Asisten Intelejen Kejati Lampung.

Leo menjelaskan, sosialisasi yang akan digelar pada Kamis, 24 Agustus 2017 bertujuan memberikan pemafahaman dalam hal-hal yang diperbolehkan menggunakan dana desa maupun yang dilarang menggunakan dana desa sehingga para Kades tidak salah dalam menggunakan dana desa.

“sosialisasi tersebut digelar serentak seluruh Indonesia. Ini penting mengingat penggunaan dana desa sangat rawan dalam penggunaannya. Selain itu juga supaya para Kades tidak salah dan tidak dikriminalisasi,” jelas Leo.

Kemudian para Kades juga diminta memahami tugas dan fungsi TP4D karena supaya dalam hal penggunaan dana desa Kades dapat minta pendampingan dan konsultasi supaya tidak melanggar hukum.

“ketidaktahuan itulah terkadang salah satu penyebab adanya peyimpangan dalam penggunaan dana Desa. Jadi ini tujuan selanjutnya agar Kades mengetahui tugas dan fungsi TP4D,” tuturnya

Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) memiliki tugas pokok dalam upaya mengoptimalkan penyerapan anggaran pengawalan dan pengamanan daerah meliputi pendampingan dan pendapat hukum dari tingkat perencanaan, pelaksanaan pembangunan, monitoring dan evaluasi sebagai upaya preventif dan pencegahan tindak pidana korupsi maupun dari segi refresif dalam rangka penindakan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Terkait hal itu sebagai media yang mendukung pembangunan dan penegakan hukum, maka Kopiinstitute.com mendukung sosialisasi yang dilakukan Jaksa kepada para Kepala Desa melalui TP4D terkait penggunaan Dana Desa.

Post a Comment

0 Comments