3 Agustus 2017

PT KAI Luncurkan Rail Clinic Generasi ke 3

SHARE
RailClinic
LAMPUNG - PT KAI kembali meluncurkan Rail Clinic generasi ke 3 yang di khususkan untuk Divre IV Tanjungkarang yang meliputi wilayah kerja dari Tarahan Bandar Lampung  sampai dengan Tanjungrambang, Prabumulih.

Dalam kegiatan Bhakti Sosial perdananya kali ini RailClinic generasi ke 3 memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat di Stasiun Gedungratu Rabu (2/8)

Sekaligus dilakukan peresmian oleh Gubernur Provinsi Lampung, serta dihadiri oleh Direktur Personalia dan jajaran Manajemen PT KAl,  Muspida Lampung selatan,  Para Kepala BUMN wil Lampung, Direktur Rumah sakit,  Kalangan Akademisi,  Muspika Natar kabupaten Lampung selatan serta Tokoh masyarakat setempat.

RailClinic generasi ke 3 ini merupakan rangkaian yang terdiri dari dua kereta retrofit yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan,  di mana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.

RailClinic ini dibagi menjadi beberapa bagian,  yakni ruang monitoring dokter,  ruang tindakan pemeriksaan gigi,  dan ruang bersalin.  Di kereta pertama,  seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau CPR,  alat monitoring pasien,  alat kejut jantung,  tindakan bedah minor,  rekam jantung,  hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan.

Sementara di kereta kedua terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan,  ruang pemeriksaan umum dan edukasi serta ruang farmasi,  juga didukung oleh tenaga medis dokter umum,  dokter gigi,  dokter kandungan,  bidan apoteker,  petugas Lab,  petugas poli mata.  generasi ke 3 dilengkapi dengan peralatan medis untuk pemeriksaan mata yang sudah menggunakan alat Dental unit pada RailClinic generasi kedua ini pun sudah dilengkapi monitor sehingga memudahkan pemeriksaan gigi.

Selain itu,  genset kereta pada RailClinic generasi segi ketiga ini suaranya sangat halus sehingga lebih nyaman dalam hal pelayanan interior,  RailClinic generasi terbaru ini pun dibuat lebih minimalis sehingga ruangan terkesan lebih luas,  ruang istirahat untuk petugas kesehatan dan Cre KA RailClinic pun dibuat lebih nyaman.

Dalam kegiatan Bhakti sosial ini juga di berikan penyuluhan kesehatan sera penyuluhan keselamatan dan keamanan periajalanan kereta api oleh Tim Kesehatan dan pengamanan l kepada masyarakat sekitar.  Hari ini masyarakat di sekitar Stasiun Gedungratu dapat menikmati layanan kesehatan terbaru kami.

"Pengoperasian RailClinic ini merupakan salah satu wujud tanggung Jawab sosial KAI kepada masyarakat,  terutama yang tinggal di sepanjang lintas KA.  Dengan adanya ini,  kami harap masyarakat turut menjaga aset PT KAl PT KAI kelancaran dan keamanan perjalanan KA,"  ujar Direktur Personalia dan Umum.
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: