Bachtiar Basri CS Segera Gelar Muswil.

Ketua DPW PAN Lampung Bachtiar Basri (ilustrasi - fotonet).
BANDARLAMPUNG - Seakan tidak mengakui adanya Musyawarah Wilayah (Muswil) sekaligus terpilihnya Zainudin Hasan menjadi Ketua DPW PAN Lampung, Bachtiar Basri Cs akan segera meneruskan perintah DPP untuk menggelar Muswil.

"Kami (DPW) PAN masih menunggu perintah dari pak Bachtiar Basri selaku ketua DPW PAN untuk menggelar Muswil,"Kata Wakil Ketua PAN Lampung Husnul Mafachir.

Pihaknya mengaku telah menerima surat dari DPP pada Sabtu (16/9) yang isinya memberi instruksi kepada DPW PAN Lampung untuk menggelar muswil dengan tenggat waktu sampai akhir September mendatang. "Tenggat waktu dilakukan Muswil sampai akhir September ini," ucapnya.

Kendati demikian, ia tidak mengetahui jika ada kader PAN lainnya yang telah menggelar Muswil sekaligus melakukan pergantian Ketua DPW PAN Lampung di Swissbell hotel pada Minggu (17/9).

" Sampai saat ini pak Bachtiar masih sebagai ketua DPW PAN Lampung. Karena kami belum menerima surat DPP terkait  adanya pergantian Ketua DPW PAN," tegasnya.

Ia berharap, kader PAN se-Lampung dapat selalu solid dalam rangka persiapan menghadapi pilkada, pilgub, pileg dan pilpres. "PAN itu satu dan telah memiliki kepercayaan dari masyarakat. Buktinya setiap daerah se-Lampung, PAN memiliki kursi," pungkasnya.

Terpisah Abu hasan juru bicara Ketua DPW PAN juga membantah isu pengunduran dirinya sebagai Ketua DPW PAN Lampung. "Pak Bachtiar Basri belum menyatakan mengundurkan diri dari Ketua DPW PAN Lampung baik lisan maupun tertulis,” ujarnya.

Abu Hasan melanjutkan, sebagai seorang tokoh, Bachtiar Basri tetap konsisten dan akan tunduk dengan aturan partai. Namun hingga saat ini, Bachtiar Basri belum dipanggil lagi oleh DPP PAN untuk membicarakan Pilgub Lampung. Apakah Bachtiar Basri serius maju atau tidak.

Dengan adanya surat untuk melaksanakan Muswil, lanjut Abu Hasan, Bachtiar Basri mempersoalkan surat untuk Muswil itu, karena dasar untuk Muswil tidak ada. " Inikan berkaitan dengan Pilgub Lampung, dan pak Bachtiar sebagai kader tetap konsisten. Apalagi beberapa kali ketum PAN mendukung pak Bachtiar maju baik di nomor satu atau di nomor dua," katanya.

Abu menambahkan, dengan digelarnya Muswil PAN, maka secara otomatis melakukan pemaksaan terhadap Bachtiar Basri untuk mundur dari Ketua PAN Lampung. Kendati demikian, ia tidak mengetahui adanya kader PAN lain yang telah menggelar Muswil sekaligus melakukan pergantian Ketua DPW PAN Lampung.

" Sampai saat ini pak Bachtiar masih sebagai ketua DPW PAN Lampung. Karena kami belum menerima surat DPP terkait  adanya pergantian Ketua DPW PAN," tegasnya.

Ia berharap, kader PAN se-Lampung dapat selalu solid dalam rangka persiapan menghadapi pilkada, pilgub, pileg dan pilpres. "PAN itu satu dan telah memiliki kepercayaan dari masyarakat. Buktinya setiap daerah se-Lampung, PAN memiliki kursi," pungkasnya.

Dilain sisi, Zainudin Hasan resmi menjadi Ketua Defintif Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung melanjutkan periode 2015-2022. Penetapan itu berdasarkan hasil Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) DPW PAN.

Menurut ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PAN Irfan Nuranda Jafar, Muswillub tersebut diadakan atas perintah DPP yang mengharuskan DPW untuk melakukan pemilihan ketua definitif bagi tiap daerah.

“DPP PAN memerintahkan melalui surat dengan nomor PAN/A/K-SJ/117/XI/2017 yang mengharuskan untuk segera melaksanakan Muswillub dengan agenda tunggal pemilihan Ketua DPW Definitif,” ujar Irfan saat jumpa pers di Swissbell Hotel Bandarlampung.

Karena itu, lanjut dia, DPW PAN langsung mengadakan Muswillub secara mendadak, sebab batas untuk melaksanakannya adalah akhir September mendatang.
Selain itu, dia mengatakan, Muswillub juga diadakan untuk verifikasi partai politik, menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Salah satu syarat untuk lolos verifikasi parpol di Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga harus mempunyai ketua definitif,” jelasnya. Dia mengatakan, pada penetapan Bachtiar Basri sebagai Ketua DPW PAN Lampung yang menggantikan Saad Sobari, belum memenuhi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Karena, saat penetapan Bachtiar Basri sebagai ketua DPW PAN Lampung dilakukan penunjukkan langsung,sehingga dinilai belum definitif. “Kalau pak Bachtiar dulu itukan ditunjuk langsung, jadi tidak melalui Muswil, makanya kita adakan Muswil yang terkesan mendadak karena batasnya adalah akhir bulan ini,” ungkapnya.

Meski begitu, ia mengaku, telah berbicara dengan Bachtiar Basri terkait pergantian Ketua DPW PAN dan kembali mengikuti pemilihan Ketua Definitif. “Saya bicara langsung dengan pak Bachtiar, dan beliau juga sudah diajak, tetapi katanya beliau tidak ingin mengikuti lagi pemilihan tersebut,” jelasnya.

Dia melanjutkan, Muswillub tersebut diikuti oleh 167 peserta pemilik suara dari DPC, DPD, DPW, MPP dan BM PAN se- Provinsi Lampung. “Kalau berdasarkan AD/ART Muswillub bisa sah kalau dihadiri oleh 50 persen plus satu, sedangkan dari 261 pemilik suara itu dihadiri oleh 167 peserta, jadi keputusan Muswil ini sudah sah,” jelasnya.

Selain itu, Ketua BM PAN Lampung, Joko Santoso mengatakan bahwa, Muswillub PAN Lampung tersebut telah memenuhi persyaratan berdasarkan anggaran dasar dan aturan rumah tangga (AD/ART) dan dinilai sah.

“Kita (BMPAN) mendukung hasil Muswillub. Dan BM PAN siap mengamankan perintah partai,” kata Joko Minggu (17/9).

Sekretaris Komisi II DPRD Lampung melanjutkan, dalam Muswillub PAN Lampung, BM PAN hadir sebagai peserta berdasarkan undangan yang disampaikan panitia pelaksana.

“Muswillub PAN sah karena sudah melebihi ketentuan yakni 50+1 dari jumlah peserta yang hadir. Setidaknya ada 167 an peserta menghadiri Muswillub PAN tersebut,” ungkapnya.
Para peserta yang hadir itu berasal dari DPD PAN se Lampung dan ketua ketua DPC PAN se Lampung.

“Dengan ditetapkannya Zainudin Hasan sebagai Ketua PAN, maka PAN diharapkan akan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Untuk diketahui, sebelum menetapkan Zainudin sebagai ketua definitif, DPW PAN terlebih dahulu menetapkan lima anggota Formatur atau tim pembentuk.

Diantaranya, Zainudin Hasan sebagai Ketua Formatur, Wahyu lesmono Ketua DPD PAN Kota Bandarlampung Wahyu Lesmono, Ketua DPD PAN Tanggamus Teddy Kurniawan, Ketua DPD PAN Waykanan Rozali, Pengurus DPW PAN LAmpung Iswan Handi cahya. 
Muswil itu juga diadakan tertutup, hanya para peserta yang memiliki undangan yang bisa mengikutinya. (TIM)


Post a Comment

0 Comments