23 September 2017

Gerakan Lampung Membaca Digulirkan Bersama Duta Baca Najwa Shihab

SHARE
Duta Baca Najwa Shihab
BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan Duta Baca Nasional Najwa Sihab dijadwalkan meluncurkan Gerakan Lampung Membaca, di Halaman Kantor Gubernur Lampung, Kamis (28/9/2017) mendatang. Pencanangan acara bertema ‘Mewujudkan Lampung Cerdas’ ini ditandai dengan pemukulan gamolan.

Gerakan Lampung Membaca tersebut akan diikuti sekitar 4.000 orang yang terdiri dari 18 unsur. Di antaranya Siswa SD, SMP, SMA Se-Bandar Lampung sekitar 3.350 siswa. "Gerakan ini sebagai salah satu upaya mewujudkan pembangunan sumber daya manusia Lampung yang cerdas dan berkualitas," kata Asisten Bidang Adiministrasi Umum, Hamartoni Ahadis, saat memimpin rapat pemantapan, Jumat (22/9/2017).

Menurut Hamartoni, dalam acara tersebut diserahkan bantuan satu unit mobil Perpustakaan Keliling dan buku dari Perpustakaan Nasional RI ke Pemerintah Provinsi Lampung. Selain itu, diserahkan juga bantuan 15 unit motor buku keliling dari Pemerintah Provinsi Lampung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten dan kota. Kemudian, penyerahan bantuan buku dari Duta Baca Provinsi Lampung ke komunitas baca, dan penyerahan buku hasil donasi dari Duta Baca Indonesia ke komunitas baca di Lampung.

Hamartoni berharap seluruh SKPD terkait mampu berkoordinasi dengan baik serta mempersiapkan sarana dan prasarana guna kelancaran pencanangan Gerakan Lampung Membaca. “Semua kesiapan harus diperhatikan seperti tata letak kegiatan dan prasarana penunjang kelancaran acara tersebut,” kata Hamartoni.

Kegiatan ini bertujuan, kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Herlina Warganegara, untuk meningkatkan minat baca masyarakat dari pelajar hingga masyarakat. Narasumber talkshow yaitu Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal, Duta Baca Indonesia Najwa Shihab, dan penggiat literasi M. Hasan Ashari. Herlina menjelaskan dalam acara ini akan diserahkan doorprize kepada para peserta diakhiri kunjungan ke Komunitas Baca Kampung Merdeka, Teluk Betung.


SHARE

Author: verified_user

0 komentar: