Latih Jurnalistik, Humas Pemprov Gandeng Blogger Infokan Lampung

Heriyansyah
BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) melalui Biro Humas dan Protokol, melatih anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung dengan keterampilan jurnalistik di Ruang Sungkai, Balai Kratun, Kantor Pemprov Lampung, Jumat (22/9/2017). Pemprov Lampung menggandeng para blogger ini untuk memperluas informasi Lampung, terutama pariwisata. Pelatihan dipandu Pemimpin Redaksi Lampungpro.com Amiruddin Sormin.

"Kami menilai kehadiran para blogger ini positif dalam membantu menginformasikan tentang Lampung terutama pariwisata. Pemprov Lampung tidak mungkin bisa bekerja sendiri tanpa bantuan berbagai pihak termasuk para blogger. Kami ingin agar kawan-kawan juga ikut membantu Lampung," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Bayana.

Menurut Bayana, Pemprov Lampung ingin meningkatkan kerja sama dengan para blogger dengan menginformasikan berbagai kegiatan di Lampung. Untuk itu, Pemprov memberikan pelatihan dasar jurnalistik, agar informasi yang disampaikan sesuai dengan standar jurnalistik. 

Provinsi Lampung merupakan yang ke-13 membentuk GenPI. Organisasi di bawah binaan Kementerian Pariwisata ini dibentuk untuk mempromosikan pariwisata melalui dunia digital. Pada kesempatan itu, Bayana juga menitip pesan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bahwa satu dari tiga prioritas pembangunan Lampung adalah pariwisata. 

Selama ini, kiprah para blogger di Lampung, menurut Ketua GenPI Lampung Yopie Pangkey, cukup banyak menulis perkembangan Lampung. "Latar belakannya bermacam-macam. Belum semua punya ilmu jurnalistik yang memadai, baru sekedar hobi. Melalui pelatihan ini kami harapkan kawan-kawan paling tidak bisa melaporkan secara singkat dan benar informasi di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram," kata Yopie.

Para blogger ini, kata Yopie, memiliki followe hingga puluhan ribu. GenPI yang dibentuk bersamaan dengan kegiatan Lampung Krakatau Festival 2017, merupakan kumpulan blogger yang hobi menulis tentang pariwisata.

"Kami berharap lebih banyak kawan-kawan menginformasikan hal positif tentang Lampung. Ini akan membantu mempromosikan Lampung ke tingkat nasional dan internasional," kata Yopie.


Post a Comment

0 Comments