31 Oktober 2017

Bahtsul Masail Forum PP Bahas Bab Salat

SHARE
FKPP
BANDARLAMPUNG - Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) menggelar acara silaturahmi dan Bahtsul Masail di PP Al-Mutaqien Pancasila, Kemiling, Bandarlampung, Selasa, 31 November 2017 malam ini.

Ketua FKPP Kota Bandarlampung, KH. Ismail menjelaskan pertemuan ini sebagai silaturahmi sekaligus kajian kitab. “Dengan silaturahmi, rezeki akan meningkat, sebab di sini ada juga perwakilan Kemenag, para pimpinan pondok bisa menitipkan proposal bantuan,” ujar dia.

Pengasuh PP Al-Mutaqien Pancasila Kemiling DR.KH.Mustofa Wagianto menjelaskan, acara ini selain silaturahmi 70 kiai pondok juga menjadi Bahtsul Masail. “Artinya pengajian yang langsung membahas masalah dan mencari solusinya langsung dengan referensi kitab-kitab karya ulama. Malam ini kitab yang dikaji adalah Fathul Qorib,” jelas Pakde Mus, sapaan akrab KH Mustofa Wagianto.

Membaca Kitab Fathul Qorib yang menjelaskan Bab Shalat, jelas dia, bakal dipimpin KH. Cecep Sodri. Pimpinan Ponpes, Hidayatul Mubtadiin, Panjang.

KH Cecep sendiri, menjelaskan kajian kitab Bab Salat itu dengan menggunakan madzab Imam Syafii.

Sementara itu, perwakilan Kemenag Bandarlampung, KH. Abdul Syukur menjelaskan acara silaturahmi FKPP ini penting menjadi kajian rutin sebab bukan saja membumikan ajaran dari kitab-kitab yang ditulis ulama besar, bisa juga ajang berbagi pengalaman dalam mengelola pondok pesantren.

“Kemenag juga punya bantuan khusus bagi PP yang ada Madrasah Tsanawiyah (MTs) baik bantuan bagi santri maupun untuk bangunan, silakan diajukan proposalnya ke Kemenang,” kata dia.
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: