24 November 2017

Banyak Permintaan, Batas Lomba Menulis Esai Diperpanjang Hingga 30 November

SHARE
Ketentuan Lomba 
BANDARLAMPUNG – Banyaknya permintaan dari para calon peserta Lomba Menulis Esai untuk meminta perpanjangan waktu pengumpulan naskah. Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Lampung, akhirnya menunda batas akhir yang sebelumnya ditutup tanggal 25 November, menjadi 30 November 2017 mendatang.

Kabid Diseminasi dan Informasi Diskominfotik Lampung, Ganjar, mengatakan, selain alasan tersebut, penundaan ini juga karena para peserta Lomba Menulis Esai yang masih belum memahami ketentuan banyaknya kata atau halaman yang sudah ditentukan.

“Dalam syarat disebut, menulis esai minimal 3000 hingga 7500 karakter. Yang dimaksud karakter disini adalah kata bukan karakter. Artinya, menulis esai diperkirakan bisa sampai 8 atau 9 lembar halaman. Boleh lebih, dan minimal 5 lembar,” papar Ganjar.

Dengan adanya batas penundaan pengumpulan naskah lomba, diharapkan juga semakin banyak peserta yang bisa terjaring untuk ikut. Selain daripada itu, pemerintah selaku penyelenggara ingin memberikan kesempatan untuk seluruh kalangan khsusu kepada para pelajar di Lampung.

“Jadi banyak yang sudah melakukan komunikasi kepada kami agar batas akhir bisa ditambah. Dan ini sudah kita lakukan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung,  dalam hal ini Diskominfotik, sudah mulai membuka dan menerima naskah karya tulisan para peserta yang akan mengikuti Lomba Menulis Esai, hingga 30 November 2017.

Lomba Menulis Esai sendiri mengangkat tema “Optimisme masa depan Provinsi Lampung setelah kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radin Inten II”.

Para peserta nantinya, juga bisa memilih Sub tema sebagai berikut, Jalan Tol Sumatera dan Peluang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Lampung, Dampak Positif Jalan Tol Trans Sumatera bagi peningkatan Pemerataan Ekonomi Daerah Lampung.

Lalu, Manfaat Jalan Tol Trans Sumatrera dan Pengembanangan Wilayah Strategi di Lampung, Peluang dan Tantangan Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Internasional, dan yang terakhir, Bandara Internasional Radin Inten II dan Peluang Pengembangan Destinasi Wisata di Lampung.

Untuk ketentuan peserta, karya tulisan esai harus orisinal, bukan hasil googling dan bukan karya yang dibuatkan orang lain serta ditulis dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Dan isi tulisan harus sesuai dengan isi tema yang ditetapkan panitia. Peserta juga boleh mengambil referensi data dari buku maupun internet dan wajib mencantumkan referensi tersebut.

Karya esai ditulis dengan format Word RTF, jenis huruf Times New Roman, dengan spasi 1,5. Panjang tulisan untuk semua kategori (pelajar SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan Umum) adalah penulisan minimal 3.500 sampai 7000 kata.

Enam peserta untuk masing-masing kategori yang karyanya dinilai layak, harus mempresentasikan karyanya di depan Dewan Juri. Apabila dikemudian hari diketahui peserta melakukan pelanggaran (bukan karya sendiri atau memalsukan dokumen) maka panitia berhak membatalkan kemenangan.

Panitia berhak mempublikasikan kembali karya peserta dengan mencantumkan nama penulisnya. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

Perihal syarat-syarat peserta adalah wajib warga Provinsi Lampung yang dibuktikan dengan scan KTP/SIM/Paspor/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar. Peserta maksimal mengirimkan dua judul tulisan. Dan Peserta mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan oleh panitia.

Karya tulis esai atau opini belum pernah dimuat di media massa mana pun dan atau pernah diikutsertakan pada sayembara lain.

Peserta mengirimkan berkas, Karya Esai dengan format Word RTF, Formulir pendaftaran yang sudah diisi (format PDF atau MS Word), Surat Pernyataan keaslian karya disertai materai (format PDF), pas foto berwarna ukuran 4×6.

Soft file naskah karya dan soft file berkas lain dikirim ke alamat email

lombaessaylampung2017@gmail.com dengan subjek namapeserta_kategori. Lalu, menyerahkan karya dalam bentuk hardcopy ke Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, atau contact person, Bapak Ganjar di nomor 081369991825.

Pembukaan lomba dibuka dari tanggal 1 – 30 November 2017, dan naskah sudah paling lambat diterima panitia tanggal 30 November 2017. Dewan Juri yang masuk didalamnya adalah dari unsur kalangan Jurnalis, Akademisi, dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Lomba Menulis Esai ini pun terbuka untuk kalangan pelajar SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan umum. Untuk pengumuman juara direncanakan akan bertempat di Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandarlampung pada 4 Desember 2017 mendatang dengan total hadiah jutaan rupiah.
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: