Danlanal Jelaskan Profil LANAL dalam KKDN Pasis Sesko TNI di Lampung

Direktur Evaluasi dan Pengembangan Sesko TNI Brigjen TNI Deddy Kusbandi, S.IP.,M.Si dan Danlanal Lampung.
PESAWARAN, (Kopiinstitute.com) - Dihadapan rombongan Direktur Evaluasi dan Pengembangan Sesko TNI, Brigjen TNI Deddy Kusbandi, S.I.P., M.Si dan Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Sesko TNI angkatan XLIV yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di wilayah Lampung, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung, Kolonel Laut Kelik Haryadi, S.H., M.Si memaparkan tentang tugas pokok dan fungsi serta profil Lanal Lampung di ruang Ahmad Yani, Makorem 043 Garuda Hitam, Bandar Lampung, Kamis (2/11).

Dalam paparannya, Danlanal menyampaikan bahwa Lanal atau Pangkalan TNI Angkatan Laut dalam tugas pokoknya melaksanakan dukungan administrasi dan logistik bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut (kapal, pesud dan marinir), melaksanakan patroli keamanan laut terbatas dan melaksanakan pemberdayaan potensi maritim dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki pangkalan sendiri maupun sarana dan prasarana instansi terkait.

Ditambahkan, keberadaan Lanal di suatu daerah mempunyai fungsi sebagai pendukung Satuan Operasi dengan fasilitas 5R (Refuel, Replenishment, Repair, Rest, and Recreation) yang di dalamnya meliputi dukungan berupa fasilitas labuh, fasilitas pemeliharaan dan perbaikan, pembekalan, fasilitas perawatan  personel dan fasilitas pembinaan pangkalan.

Diterangkan juga mengenai situasi dan kondisi tentang kerawanan di sekitar perairan Lampung secara umum, dari pelanggaran penangkapan ikan dengan handak hingga kerawanan premanisme dan perompakan yang mana pada tahun 2017 dari data kejadian yang ada termasuk dalam kategori aman dan kondusif.

Tidak luput juga dipaparkan tentang program-program kerja Lanal Lampung yang telah dicapai baik dengan satuan TNI Polri maupun Pemerintah Daerah serta Instansi terkait seperti latihan bersama, SAR, bhakti sosial, pengamanan terpadu dan patroli bersama.

Dalam pembangunan sumber daya manusia, melalui Dinas Pendidikan dan Olah raga Provinsi Lanal juga melakukan kegiatan kesadaran bela negara perwakilan seluruh SMA SMK se provinsi Lampung serta kegiatan pembinaan mental juang disiplin kepada pelajar SMA SMK maupun Mahasiswa serta kegiatan kepanduan dalam Pramuka Saka Bahari.

Pembangunan sumber daya alam, Lanal bekerja sama dengan dinas maupun organisasi kemasyarakatan dan warga serta pramuka dengan melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang juga penanaman bibit mangrove di sekitar Teluk Ratai.

Pembangunan sarana dan prasarana, Lanal bekerja sama dengan Pemda dan swasta melakukan pembedahan desa pesisir di Lampung Selatan berupa bedah rumah nelayan, renovasi sarana rumah ibadah, pembangunan posyandu, taman baca, jalan serta saluran draenase.

Dalam kesempatan itu juga Danlanal yang didampingi Palaksa dan Perwira Staf, menyampaikan kesiapannya untuk memberikan data-data pendukung yang dibutuhkan oleh para Pasis apabila sewaktu-sewaktu diperlukan.

Selain paparan dari Danlanal Lampung, para Pasis juga menerima paparan dari Danrem 043/Gatam, Danlanud  P.M. Bunyamin serta Danbrigif 3 Marinir yang diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan plakat serta foto bersama.(rls)

Post a Comment

0 Comments