7 Desember 2017

APC Ingin Pantau Langsung Persiapan Asian Para Games 2018

SHARE
Ilustrasi Presiden INAPGOC Raja Sapta Oktohari saat melakukan kunjungan renovasi venue untuk Asian Para Games 2018. 

JAKARTA -- Sekjen Komite Paralimpik Asia (APC) Tarek Souei mengatakan pihaknya ingin melihat langsung persiapan yang telah dilakukan Indonesia Asian Paragames Olympic Committee (INAPGOC). Hal itu dilakukan untuk mencari solusi terbaik dari setiap permasalahan yang terjadi. 

Dalam laporannya ke APC Coordination Commission Meeting (Corcom) keempat di Dubai, Rabu (6/12), Presiden INAPGOC Raja Sapta Oktohari mendapat banyak masukan.

“APC fokus pada persiapan karena banyak tahap kemajuan yang terlambat. Tapi kami meyakinkan mereka bahwa semuanya akan kembali ke jalur sebenarnya karena kami telah mendapatkan komitmen penuh dari pemerintah,” kata Okto usai rapat. Dilansir dari cnn Indonesia.

Untuk Deputi I yang membahas Game Operation, salah satu hal yang dibahas adalah terkait venue pertandingan yang semuanya masih dalam tahap proses seiring dengan persiapan Asian Games 2018. Hal yang diperhatikan adalah fasiltas pendukung untuk akses kaum disabilitas. 
Sayangnya di beberapa venue, salah satunya perkampungan atlet, fasilitas untuk disabilitas masih belum memenuhi standar. APC meminta kerja sama dari pemerintah Indonesia untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. 

Sebab itu, peran serta APC dalam persiapan Asian Para Games (APG) 2018 sangat dibutuhkan. 

“Kita sepakat bahwa persiapan selanjutnya kami akan lebih banyak melibatkan APC. Kami bersama APC sudah bersepakat bahwa Asian Para Games adalah tanggung jawab bersama.”

“Segala bentuk masalah yang terjadi bukan untuk saling menyalahkan, tapi mencari solusi dari yang dihadapi,” ucap Okto. 

INAPGOC membutuhkan asistensi dari APC dan akan melibatkan mereka supaya proses persiapan bisa lebih maksimal. 

“Setelah ini bentuk komunikasi akan lebih intensif dengan mengadakan FGD (Forum Group Discussion) dengan nara sumber internasional dari APC dan IPC (International Paralympic Committee).”



“Setelah ini, mereka (APC) akan datang ke Indonesia setiap bulan untuk mengawal progres persiapan APG dan Presiden APC akan datang ke Indonesia untuk memberikan evaluasi,” ujarnya.

Okto memastikan sejauh ini komunikasi yang terjalin antara INAPGOC dan APC berjalan efektif. APC selalu memberikan masukan positif terhadap setiap laporan yang ada. (
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: