14 Desember 2017

Dinsos Sosialisasi Aplikasi Sistem Layanan Rujukan Terpadu

SHARE
ilustrasi
KOTAAGUNG, - Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui,Dinas Sosial (Dinsos) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). berlangsung di Aula Hotel 21 Gisting, Kecamatan Gisting, Rabu (13/12).

Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi mengatakan, bahwa hampir semua kegiatannya Dinsos  langsung menyentuh kemasyarakat dan juga merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Sosial dalam menyampaikan Program Bantuan terhadap masyarakat Fakir Miskin, yang terkena musibah bencana, baik bencana alam, bencana Sosial ataupun Cacat Berat.

"Banyak bantuan yang telah dikucurkan oleh Pemerintah melalui Dinas Sosial kepada masyarakat miskin dan kurang mampu," ungkap Samsul.

Ia juga melanjutkan, Dinsos juga memiliki kurang lebih 220 orang mitra kerja yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Tanggamus, ini merupakan potensi besar yang perlu terus dilatih, dibina dan diberdayakan.

"Program Pemerintah yang berkaitan dengan bantuan tentunya harus didukung dengan data yang benar dan akurat, sekarang ini masih terdapat bantuan yang salah sasaran dimana orang yang dianggap mampu mendapatkan bantuan, sedangkan yang kurang mampu belum semua mendapat bantuan dan ini di akibatkan karna kita masih memakai data lama yang belum di validasi," jelasnya

Ia menambahkan Mudah-mudahan dengan Sosialisasi Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Versi ll dapat merubah data secara lansung dan cepat dan untuk 71 peserta Sosialisasi menjadi ujung tombak pendataan, yang bisa mendapatkan data yang benar dan akurat sehingga bantuan yang dikucurkan oleh Pemerintah tidak salah sasaran.

"Ikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sampai selesai," harapnya

Sementara itu laporan ketua panitia Ismail menjelaskan peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 71 peserta yang terdiri dari fasilitator SLRT seluruh tanggamus sebanyak 50 peserta, petugas pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) dari dua pekon yaitu Pekon Gisting Bawah dan Pekon Batu Kramat sebanyak 12 peserta. Kemudian dari manajer, supervisor fron dan back office SLRT 9 peserta

"Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 13-15 desember 2017,  pelaksanaan sosialisasi dimulai dari jam 08.00-16.00 Wib," kata Ismail.

Ia melanjutkan kegiatan tersebut menghadirkan enam narasumbar yaitu, dari Kementerian Sosial RI 2 orang, Badan Perencanaan Daerah 1 orang, lalu dari Badan Pusat Statistik 1 orang dan Dinas Sosial 2 orang.

"Materi terkait SLRT diantaranya, Konsep SLRT, Pengembangan Kelembagaan dan Penjangkauan SLRT, Pengisian Form PBDT 2015, kemudian Mekanisme Penganggaran dan peranan, Bappeda di SLRT dan Aplikasi Menejer," pungkasnya.(SB.CD)


SHARE

Author: verified_user

0 komentar: