Jadi Viral Dimedsos Kemenag tak Persoalkan Soal Ujian MA

Dok. Twitter kemalarsjad

Jakarta - Soal ujian akhir semester salah satu madrasah aliyah (MA) yang membahas khilafah ramai menjadi viral di media sosial. Setidaknya ada dua soal yang membahas khilafah dalam ujian tersebut. 

Terkait hal tersebut, Kemenag menilai tak ada yang salah dengan soal tersebut karena masih dikaitkan dengan makna pemerintahan dalam Islam. 

"Berkenaan dengan soal ujian yang beredar/viral tersebut, sebenarnya Kemenag memberikan kewenangan kepada guru dan Kemenag provinsi untuk menyusun kisi-kisi soal sesuai dengan ketentuan kurikulum yang dipergunakan," kata Kepala Biro Humas Kemenag, Mastuki, Dikutip dari detikcom, Selasa (5/12/2017). 

"Jika pun ada pertanyaan tentang khilafah dan khalifah itu dikaitkan dengan makna 'pemerintahan dalam Islam' seperti penjelasan poin satu. Jadi tidak ada yang salah dalam pertanyaan tersebut. Seperti pertanyaan soal yang lain yang menuntut pemahaman atas bahan ajar pada masing-masing pokok bahasan," jelasnya. 

Mastuki menjelaskan, bahasan tentang khilafah memang masuk bahasan tentang 'Sistem Pemerintahan dalam Islam' di kelas XII MA. Buku yang mengajarkan hal tersebut diterbitkan langsung oleh Kemenag.


Post a Comment

0 Comments