29 Desember 2017

PATRI Lampung Berperan sebagai Perekat Keberagaman Nasional

SHARE

BANDAR LAMPUNG --Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) bukan hanya sebagai tempat silaturahmi, tetapi juga berperan sebagai perekat keberagaman, lintas budaya dan etnis, dalam menjaga bingkai persatuan dan kesatuan bangsa. Hal itu disampaikan Gubernur Ridho dalam acara pelantikan dan seminar nasional Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PATRI Provinsi Lampung di Hotel Horison, Rabu (27/12/2017).

Gubernur berharap, PATRI dapat berkarya nyata. Kekuatan masyarakat transmigran sangat besar. Khususnya, anak transmigran Lampung memiliki peran signifikan dalam pembangunan. "Untuk itu, PATRI harus mampu memberikan peran dan karya nyata sebagai organisasi.

Lampung hari ini berada pada peringkat 4 (empat) surplus beras nasional, sekaligus sebagai daerah ketahanan pangan merupakan hasil kerjasama dari keluarga besar transmigrasi sejak jaman dahulu,” ujar Gubernur. Gubernur mengakui prestasi yang diraih Lampung merupakan bagian dari kerja anak-anak transmigran. "Begitu banyak prestasi yang diperoleh Lampung, yang berasal dari hasil kerja keras anak Lampung, yang sebagian besar berasal dari anak-anak transmigran,” jelas Gubernur Ridho. 

Gubernur menjelaskan bahwa transmigrasi itu sukses di jaman dahulu. “Kesuksesan transmigrasi jaman dahulu diharapkan mampu menjadi barometer dan inspirasi dalam melaksanakan program transmigran saat ini. Bukan hanya pemerataan penduduknya saja, tetapi juga diharapkan adanya pemerataan fiskal. Bukan hanya di Provinsi Lampung tetapi juga di seluruh Indonesia. Dengan pemerataan fiskal se-Indonesia maka kualitas hidup di daerah transmigran akan memiliki kualitas hidup yang sama dengan Pulau Jawa," jelas Ridho. 

Membangun wilayah transmigrasi, ujar Ridho, bukanlah hal yang mudah. "Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada para transmigran atas karya bakti dan berbagai prestasi yang diberikan untuk Lampung. Semoga ke depannya mampu lebih eksis dan mengikat keluarga transmigran, sekaligus sebagai upaya dalam membesarkan organisasi PATRI," ujar Ridho. 

Sementara itu, Menteri Desa PDTT, yang diwakili Staf Ahli Menteri Desa PDTT Bidang Pengembangan Wilayah, Conrad Hendarto, menjelaskan setiap menyebut nama Lampung, yang terkenang adalah sejarah heroisme dan kepeloporan transmigrasi daerah ini. “Transmigrasi telah memberikan pembangunan di Indonesia, bukan hanya membangun keilmuan pertanian, pengembangan wilayah, dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, namun juga  menjaga kebudayaan bangsa, seni budaya, perkawinan antar suku dan lainnya,” jelas conrad. 

Ia menjelaskan bahwa transmigrasi merupakan suatu hal yang tepat untuk menyatukan Indonesia.  Conrad berharap DPD PATRI Lampung mampu menjadi mitra strategis pemerintah daerah. Untuk itu, diperlukan penguatan berbagai program, pengembangan jejaring, serta konsolidasi yang harus menjadi prioritas.
 
Ketua Wilayah Barat DPP PATRI, Sarmoeji, menjelaskan PATRI merupakan organisasi mitra strategis Pemerintah Provinsi Lampung. “Semoga acara ini mampu menjadi momentum dalam menguatkan silaturahmi keluarga transmigran untuk membangun daerah Lampung. Dan diharapkan dibawah kepengurusan Mohammah Mukri mampu meneruskan tongkat estafet secara baik, berkontribusi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi serta sosial budaya di Provinsi Lampung,” harap Sarmoeji.
 
Di tempat yang sama,  Ketua Umum DPD PATRI, Mohammad Mukri, menjelaskan PATRI sangat nyata keberadaannya. “Saya berharap kehadiran patri bukan sebagai partai. Kita dilantik untuk mewujudkan masyarakat Lampung yang lebih baik, harmonis dan saling menghargai satu dengan lainnya. Untuk itu, saya tidak ingin bermain-main, dan harus dilakukan dengan serius,” ujar Mukri.

Pada kesempatan itu terdapat pelantikan DPD PATRI Provinsi Lampung. Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan DPP PATRI nomor: SKEP.28C/DPP PATRI/III/2017 tentang pengukuhan dewan pengurus daerah perhimpunan anak transmigrasi Republik Indonesia Provinsi Lampung masa bhakti 2017-2022. Adapun kepengurusan DPD PATRI Provinsi Lampung masa bhakti 2017-2022 di antaranya Ketua Umum Mohammad Mukri, Sekretaris Umum Afif Ansori, dan Bendahara Umum I Ketut Pasek. (Humas Prov)
SHARE

Author: verified_user

0 komentar: