Tekan Sirine, Jokowi Resmikan Tol Sumo

 
Ilustrasi Jokowi meresmikan  tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) 
SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan beroperasinya jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di Gerbang Tol.

Tiba di lokasi sekitar puku 14.50 WIB, Jokowi langsung disambut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Risma Harini, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani dan sejumlah pejabat lainnya.

Peresmian dilakukan dengan penekanan sirine oleh Presiden Jokowi. Ada tiga seksi jalan tol yang diresmikan meliputi Seksi IB Sepanjang-Western Ring Road (WRR) (4,3 Km), Seksi II WRR-Driyorejo (5,1 Km), dan Seksi III Driyorejo-Krian (6,1 Km).
Dengan rampungnya ketiga seksi tersebut, maka Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dengan total sepanjang 36,27 Km telah beroperasi sepenuhnya. Pengoperasian ketiga seksi ini menyusul dua seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang telah dioperasikan terlebih dahulu, yaitu Seksi IA sepanjang 2,3 Km (Waru-Sepanjang, diresmikan Agustus 2011), serta Seksi IV sepanjang 18,47 Km (Krian-Mojokerto, diresmikan Maret 2016).

"Tiga seksi ini adalah tiga seksi pamungkas yang menandakan tol ini sudah rampung sepenuhnya" kata Jokowi di lokasi acara, Selasa (19/12/2017).Dikutip dari detik.

Pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto dimaksudkan sebagai jalan alternatif lain untuk menggantikan peran dari jalan yang lama. Jawa Timur sebagai propinsi yang mengalami perkembangan lalu lintas yang sangat pesat, dengan pembangunan jalan tol menimbulkan dampak yang luas terhadap kondisi perekonomian dan lalu lintas bagi Kota Mojokerto

Jalan tol ini diharapkan menjadi solusi macet di sepanjang Surabaya-Mojokerto. Mulai dari macet di Medaeng, Sepanjang, Kletek, hingga titik macet di Mojokerto. Jarak tempuh Surabaya-Mojokerto selama ini ditempuh dengan waktu 2 jam. Saat jalan tol ini dioperasikan, dapat memangkas waktu jarak tempuh hanya menjadi 45 menit.

Beroperasinya seluruh seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto menjadi pelengkap proyek Jalan Tol Trans Jawa yang akan membentang dari Jakarta hingga Surabaya. Ditargetkan pada 2018 seluruh ruas Tol Trans Jawa sudah tersambung. Selama 3 tahun Pemerintahan Jokowi hingga akhir 2017, total panjang jalan tol yang telah beroperasi mencapai 332,6 km.

Jalan tol yang membentang dari Kota Surabaya hingga Kota Mojokerto ini dikelola oleh PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (PT JSM) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Nilai investasi jalan tol yang melewati 4 wilayah kota/kabupaten ini sebesar Rp 4,9 triliun dengan kepemilikan mayoritas saham sebesar 55% oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., 25% oleh PT Moeladi, dan 20% oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

Post a Comment

0 Comments