Unik, Sertijab Komandan Sekolah Kopaska TNI AL Digelar di Hutan

 
Ilustrasi Sertijab Komandan Sekolah Kopaska TNI AL Digelar di Hutan
Banyuwangi -  Tidak seperti biasa nya Serah terima jabatan (sertijab)  dilakukan di ruangan tertutup atau lapangan. Namun tidak sertijab di Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut (AL) ini. Sertijab Komandan Sekolah Kopaska TNI AL, digelar di tengah-tengah hutan belantara, di lokasi latihan tempur Selogiri, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi.

Sertijab Komandan Sekolah Kopaska dilakukan antara Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari, digantikan pejabat baru Mayor Laut (P) Evi Bayu Priatno. Sertijab ini dilakukan di sekitar air terjun Selogiri. 

Disaksikan oleh prajurit multi regu, serah terima jabatan ini berlangsung khidmad. Tak ada meja atau perlengkapan seperti di ruangan biasa. Bahkan untuk tandatangan SK jabatan dilakukan di atas batu yang terhampar di aliran air terjun. 

Komandan Pusat Pendidikan Khusus, Kolonel Laut (P) Sri Gunanto mengatakan, serah terima jabatan di hutan belantara ini memiliki misi kembali di alam. Sebagai prajurit yang siap kapanpun bertempur, harus bisa menyesuaikan dengan alam. Termasuk pergantian pimpinan. 

"Dimana pun kita berada kapanpun kita bisa lakukan sertijab. Termasuk di sini di hutan belantara di bawah air terjun. Saya kira menjadi tempat yang layak untuk upacara seperti ini," ujar Sri Gunanto dikutip dari detik, Sabtu (9/12/2017).

Ponco akan menempati jabatan barunya sebagai Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan Sumatera. Sementara Evi Bayu, sebelumnya baru menyelesaikan pendidikan Seskoal TNI AL.

"Saya baru saja menyerahkan jabatan saya selaku Komando Pasukan Katak periode 2015-2017 kepada Mayor Laut Evi Bayu Pranoto. Sejak dua tahun kepada saudara yang nanti akan melahirkan pejuang untuk Indonesia, saya yakin Pasukan Katak memiliki peran penting untuk lahirnya pasukan inti, suatu saat akan selalu ketemu lagi dengan anak yang saya didik," ujar Ponco. 

"Saya terima dan saya sebagai komandan baru akan meneruskan cita-cita besar dari Letkol Ponco. Saya akan jadikan prajurit multi pos dengan jiwa ksatria yang sangat tinggi untuk menjaga NKRI," sahut Evi Bayu. 

Usai digelarnya sertijab, para prajurit Kopaska teriakkan yel-yel kesatuan prajurit bersama sebagai simbol pasukan yang pantang menyerah. Selain itu, pasukan kemudian memanggul kedua perwira tersebut, disertai dengan tembakan secara massal ke udara.

Sertijab perwira ini dilangsungkan bersamaan dengan masa pendidikan Kopaskatahun ajaran 2017 akhir. Masa pendidikan ini berlangsung selama 10 bulan dan akan berakhir di pertengahan tahun 2018 nanti.

Post a Comment

0 Comments