Prajurit Korem Diberi Materi Longmalap

Isl
Bandarlampung - Mewujudkan prajurit profesional khususnya mengasah kembali materi dasar keprajuritan, Korem 043/Gatam pada Minggu ke IV setiap bulan dilaksanakan minggu militer berdasarkan program yang telah dijadwalkan.

Kegiatan Minggu Militer hari ketiga yaitu Longmalap ( Pertolongan Pertama Lapangan ) dengan materi cara pertolongan pertama mengatasi gigitan ular berbisa dengan instruktur Letda CKM Harsono dari Denkesyah Korem 043/Gatam Bandar Lampung yang diikuti oleh 60 prajurit Makorem 043/Gatam

"Setiap Prajurit dalam melaksanakan kegiatan, khususnya dihutan dalam melaksanakan latihan ada kemungkinan akan menemui binatang-binatang buas, terutama ular berbisa dan seekor ular jika dalam keadaan terdesak maka ular akan menggigit dan akan mengeluarkan bisanya yang akan membahayakan bagi kita,"ujarnya

Gigitan ular berbisa, lanjut dia, dapat menyebabkan kerusakan di tempat gigitan dan gangguan sistemik lainnya. Gejala di tempat gigitan umumnya terjadi dalam 30 menit sampai 24 jam, berupa bengkak dan nyeri, dan timbul bercak kebiruan. Kematian jaringan dapat terjadi pada luka bekas gigitan yang dapat mempersulit penanganan. Gejala lain yang muncul berupa kelemahan otot, menggigil, berkeringat, mual, muntah, nyeri kepala, dan pandangan kabur. Bisa ular juga dapat menyebabkan gejala khusus.Tetap tenang, dan usahakan untuk mengingat tempat kejadian, jenis, warna, serta ukuran ular.

Adapun cara pertolongan pertama yang kita laksanaksanakan adalah :Penderita diharapkan untuk beristirahat dan meminimalisir gerakan,letakkan tempat gigitan lebih rendah dari posisi tubuh lainnya,bersihkan tempat gigitan, hindari membilas dengan air, kemudian tutup dengan kain kering yang bersih,lepaskan cincin atau jam tangan dari anggota tubuh yang digigit, supaya tidak memperparah anggota tubuh yang membengkak,longgarkan pakaian yang dipakai, namun tidak usah sampai melepasnya,segera cari pertolongan medis.(Subhan).

Post a Comment

0 Comments