Praktisi Hukum Minta Kajati Lampung Bekerja Profesional dan Terbuka

Ansori, SH.,MH.
Bandarlampung – Pergantian Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung disambut baik praktisi hukum. Era Kajati Susilo Yustinus yang menggantikan Syafrudin diharapkan mampu bekerja secara professional sehingga dapat memenuhi ekspektasi masyarakat Lampung. Pasalnya, dalam menjalankan tugas sebagai penuntut umum tertinggi di wilayah lampung profesioanalitas jaksa sangat diperlukan agar kerja-kerja dalam rangka penegakan hukum tidak mencederai rasa keadilan masyarakat.

Demikian disampaikan praktisi hukum Ansori, selasa (13/3/2018). Susilo Yustinus, sambung dia, tentu memberikan warna baru serta penyegaran di lingkungan Kejati. Oleh karena itu, warna yang dibawa Susilo yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL) Kejaksaan Agung (Kejagung) dapat lebih tegas khususnya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

“kita sangat mengapresiasi pergantian Kajati Lampung. Artinya dengan bergantinya pimpinan maka ada warna berbeda yang lebih segar diterapkan untuk menegakkan hukum itu juga diikuti dengan harapan besar masyarakat supaya Kajati beserta jajaran bekerja secara professional dan terbuka. Sebab hanya itu yang diharapkan oleh masyarakat pada penegak hukum khususnya jaksa. Terbuka juga demikian agar kita diberikan akses informasi untuk mengetahui perkara-perkara yang sedang ditangani jaksa, karena mereka bekerja untuk masyarakat,” ujar Ansori.

Dosen Pendidikan Anti Korupsi tersebut menambahkan, ada banyak pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan Susilo diantaranya, dapat merespon laporan-laporan dari masyarakat terkait dugaan korupsi serta memprosesnya. “temuan-temuan dugaan korupsi dari masyarakat yang dilaporkan ke Kejati hendaknya direspon dan ditindaklanjuti, setelah itu disampaikan perkembangannya,” imbuhnya

Kemudian, menanggapi pelantikan Asisten Intelijen Raja Sakti Harahap yang menggantikan Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Ansori mengutarakan sudah lebih lima Kepala Kejaksaan yang gagal mencari DPO kelas kakap. “semoga Asintel yang baru dapat menunjukkan kelasnya dengan menangkap para DPO khususnya yang menjadi sorotan publik agar tidak terkesan bahwa ada DPO tertentu yang diduga dibiarkan,”tutupnya.

Post a Comment

0 Comments