Sampaikan LKPJ, Plt. Bupati Lampung Timur Harapkan Implementasi Good Governance

Plt. Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyerahkan LKPJ dalam rapat paripurna DPRD Lampung Timur.
SUKADANA - (kopiinstitute.com), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Timur menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) Bupati Lampung Timur Tahun Anggaran 2017, Senin (12/03/2018).

Rapat yang di gelar di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Lampung Timur tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Ketua DPRD Lampung Timur, Ali Johan Arif beserta para wakil ketua DPRD, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera beserta para asisten dan staf ahli bupati, para kepala organisasi perangkat daerah dan disaksikan pula oleh empat puluh empat anggota DPRD Kabupaten Lampung Timur yang hadir dalam rapat.

Zaiful Bokhari mengatakan, penyampaian LKPJ Tahun Anggaran 2017 adalah dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah junto Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kepada pemerintah, Laporan LKPJ kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( ILPPD) kepada masyarakat.

Ia menambahkan, “kewajiban Penyampaian LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD merupakan refleksi dari nilai-nilai demokrasi yang diwujudkan oleh pemerintah daerah kepada DPRD sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam mengemban fungsi lembaga wakil rakyat”.

Terungkap dalam sidang bahwa berdasarkan data Kantor Statistik Kabupaten Lampung Timur bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lampung Timur mengalami peningkatan dari 67,10 persen pada Tahun 2015 menjadi 67,88 persen pada Tahun 2016.

Sedangkan dalam bidang perekonomian, untuk angka inflasi Kabupaten Lampung Timur pada Tahun 2017 mencapai 2,83 persen atau lebih rendah dari inflasi nasional yang mencapai 3,61 persen. Dan untuk indikator makro ekonomi, tingkat kemiskinan di Kabupaten Lampung Timur terus mengalami penurunan yakni sebesar 16,35 persen pada Tahun 2017 atau turun 0,63 persen dibandikan Tahun 2016.

Disamping menyampaikan laporan, Plt. Bupati Lampung Timur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berhasil memperoleh berbagai apresiasi atau penghargaan yang meliputi, Apresiasi Pendidikan Islam, Penghargaan Kabupaten Peduli HAM, Penghargaan Inisiator Kabupaten Layak Anak, Penghargaan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Anugerah PAUD Nasional, Anugerah Perlindungan Anak KPAI, Juara Umum Anjungan Terbaik Lampung Fair 2017, Anugerah Pangripta Saburai, serta Penghargaan LPSE Terbaik Provinsi Lampung.

Menutup laporannya tersebut Zaiful Bokhari berharap, “melalui laporan LKPJ kepala daerah kepada DPRD Tahun Anggaran 2017 ini dapat menjadi satu langkah implementasi prinsip-prinsip “Good Governance”, terutama pada aspek transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam mewujudkan pembangunan di Lampung Timur,” pungkasnya. (Ali)

Post a Comment

0 Comments